Leonel Messi Atlet Terkaya No-6 Dunia, Bergaji Rp1,45 M Perhari

Sport466 Dilihat

M Nigara
Wartawan Sepakbola Senior

SENIN (19/6/2023), para penggila sepakbola tanah air, akan menikmati suguhan yang telah menimbulkan kecemburuan para penggemar sikulit bundar bangsa ASEAN. Ya, Leonel Messi, bintang dunia asal Argentina, akan merumput di Stadion Utama, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Bersama hampir seluruh kekuatan Argentina saat merebut Piala Dunia 2022 setelah menumbangkan Perancis lewat adu penalti, 4-2. Meski Argentina tidak akan berlaga seserius seperti di Piala Dunia, Qatar, namun kehadiran Messi dan kawan-kawan seperti obat penghilang pening kepala setelah kita batal menggelar Piala Dunia U20.

Ya, pencinta sepakbola tanah air wajib bersyukur karena memperoleh kesempatan menyaksikan langsung bintang dunia itu meliuk-liuk. Seperti kita ketahui, Tim Nasional Argentina akan berlaga dalam FIFA Match Day.

Dahsyat
Meski bukan hal yang baru, banyak catatan yang berbeda, tapi khusus Leonel Messi dari berbagai sumber ( youtube, Forbes, Sky Sports, dll) selalu dimasukkan dalam daftar 10 atlet terkaya di dunia. Kekayaan Messi berasal bukan hanya, selama berkarir di Barcelona dan PSG, tapi juga dari kontrak iklan, Gatorade, Adidas, Pepsi, bisnis perhotelan, produk pakaian, instagram, dan lain-lain.

Juni 2023, kekayaan Messi sudah mencapai 600 juta dolar Amerika atau setara Rp8,94 triliun. Sebelumnya Messi malah sempat memiliki Rp9,4 triliun dari hasil 4 tahun 2017-2021 di Barcelona.

Hal ini belum termasuk bayaran khusus saat berlaga melawan PSSI kali ini. Sayang tidak ada keterangan resmi berapa rupiah jatah Messi dari Rp74 miliar bayaran Argentina itu. Biasanya sih 20 persen adalah jatah sang bintang dalam setiap kontrak yang bukan laga resmi. Paling tidak Rp14,8 miliar, menjadi hak Messi.

Jumlah itu sama seperti 14 hari pemegang Golden Ball 2014 dan 2022 itu meliuk-liuk dengan kostum PSG. Pemain berjuluk si Musang, dikontrak klub yang 11 kali menjadi juara Liga Perancis itu, 35-41 juta dolar Amerika atau setara Rp 512- Rp 610 miliar. Jika angka itu dibagi 365 hari pertahun, maka Messi menjadi pemain termahal di dunia dengan bayaran perhari antara Rp 1,4 – Rp 1, 6 miliar.

Selain itu, Messi juga menjadi satu-satunya pemain yang memiliki gelar paling loyal. Tak heran, Barcelona sempat menghadiahkan La Pugla (si kutu) julukan Messi saat masih bermain di klub yang ‘melahirkan’ dan membesarkannya itu sebesar Rp 1, 3 triliun.

Dari jajaran pesepakbola dunia, Messi hanya kalah dari Christian Ronaldo, mantan bintang Manchester United, Juventus, Real Madrid, sekarang bermain di klub Al-Nassr, Arab Saudi. CR-7 tercatat memiliki kekayaan 700 juta USD atau setara Rp 10, 4 triliun. Dan menjadi pesepakbola terkaya versi Goal.com.

Sementara menurut Forbes, Statista dan Tempo.co, Messi berada di urutan ke-6, 7, dan 8. Berikut daftar atlet terkaya di dunia:
1. Michael Jordan (pebasket/USA)
Rp 32,7 – Rp 33,3 triliun.
2. Vince McMahon (pegulat/USA)
Rp 23 triliun.
3. Ion Tiriac (hoki es/ Rumania)
Rp Rp 18 triliun.
4. Anna Kasprzak (berkuda/ Denmark)
Rp 15 triliun.
5. Tiger Woods (golf/USA)
Rp 12 triliun.
6. Lenel Messi (pesepakbola/Argentina), Eddie Jordan (F1/ Irlandia), Junior Bridgeman (pebasket/USA), Magic Johnson (pebasket/ USA) masing-masing memiliki kekayaan sama Rp 8,9 triliun.
7. Michel Schumacher (F1/Jerman).

Dalam versi yang lain: …..

Sementara menurut _sportstars.id_ atlet Indonesia terkaya:
1. Kevin Sanjaya (bulutangkis)
Rp 13 miliar
2. Maecus Gideon (bulutangkis)
Rp 13 miliar
3. Hendra Setiawan (bulutangkis)
Rp 10 miliar
4. Mohammad Ahsan (bulutangkis)
Rp 8 miliar
5. Greysia Polii (bulutangkis)
Rp 7 miliar
6. Anthony Sinusuka Ginting (bulutangkis)
Rp 6 miliar
7. Praveen Jordan (bulutangkis)
Rp 5 miliar ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *