Polisi Bekuk 5 Begal Jalanan di Bekasi, 1 Anak di Bawah Umur

Hukum Kriminal351 Dilihat

SETELAH beraksi di delapan  tempat berbeda dalam enam bulan terakhir, komplotan begal jalanan akhirnya dibekuk petugas kepolisian Polres Metro Bekasi. Para pelaku kerap beraksi di sejumlah lokasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Bekasi, yakni di Babelan, Tarumajaya, dan Cikarang Utara.

“Pelaku-pelaku ini melakukan beberapa kegiatan kejahatan di delapan lokasi atau TKP. TKP-nya ada di Babelan Cikarang Utara, dan Tarumajaya,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kombes Twedi Bennyahdi Aditya di Polsek Babelan, Rabu (26/7/2023).

Tercatat setidaknya ada enam pelaku begal, lima sudah tertangkap. Mereka berinisial A, PA, MNR, MA, SB. Pelaku Y masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Kemudian satu lagi masih berstatus anak di bawah umur. Modus yang dilancarkan pelaku yakni mengancam para korban menggunakan sebilah golok.

Pelaku berboncengan dengan satu kendaraan bermotor sekitar dua sampai tiga orang. Kemudian, menghentikan korban dan mengancam senjata tajam  dengan sebilah golok.

Korban yang tak berkutik karena diancam sajam, pelaku dengan cepat merampas motor korban. “Kemudian, (setelah) merampas motor milik korban, pelaku melarikan diri,” ujar Twedi.

Dijelaskan, pelaku memilih korban secara acak. Mereka mengintai korban yang berkendara sendiri di jalan sepi. “Tidak ada yang dikhuskan, jadi menurut keterangan pelaku di lokasi yang sudah ditentukan mana yang lewat apabila situasi memungkinkan langsung dilakukan kejahatan tersebut,” lanjutnya.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti enam unit sepeda motor, tiga lembar STNK asli, dan satu bilah senjata tajam jenis golok bergagang kayu berwarna hitam. Atas perbuatannya, para pelaku yang telah dijadikan tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara. (Wit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *