Rakerwil LPP PWM Jateng Hasilkan Program Stategis Pesantren Muhammadiyah Jateng

Umum1254 Dilihat

KUDUS, KORANBEKASI.ID – Rapat Kerja Pengurus Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah diselenggarakan dua hari dari 19-20 Agustus 2023 di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus. Hasilnya adalah banyak program strategis guna peningkatan mutu dan kualitas pesantren Muhammadiyah.

Dalam Pembukaan Rakerwil, ketua LPP PWM Jateng KH. M. Irzal Fadholi menyampaikan peran penting lembaga ini untuk mendorong dan membantu mewujudkan pesantren Muhammadiyah Jawa Tengah yang mandiri, unggul dan berkemajuan.

“Kami sebagai lembaga yang mendapatkan amanah dari PWM Jateng untuk membantu mewujudkan pesantren Muhammadiyah yang berkemajuan, oleh karena kita akan dorong pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah menjadi pesantren yang benar-benar menjadi percontohan pesantren Nasional,” ujar Irzal.

“Pesantren Muhammadiyah harus menjadi pusat Kaderisasi ulama,” lanjut kyai yang juga pengusaha tersebut

Rakerwil yang diikuti seluruh pengurus LPP PWM Jateng, PWM Jateng dan Dewan Pakar LPP PPM KH. DR. Habib Chirzin dan KH. Prof. Dr. M. Jandra menghasilkan putusan rapat yang strategis yakni (1) Peningkatan mutu dan kualiatas Pesantren Muhamamdiyah, (2) Membuat pilot project Pesantren Tafaquh fii addiin (Tarbiyatul Muallimin Muhammadiyah dan Tarbiyatul Salafiyah Muhammadiyah), (3) Pesantren Sains dan Matamatika, (4) Pesantren sebagai pengembangan Lingkungan Hidup dan lainnya.

Dewan pakar LPP KH. Dr. Habib Chirzin mengharapkan Pesantren Jawa Tengah menjadi role model atau percontohan pesantren muhammadiyah Nasional. “Saya berharap Jawa Tengah menjadi percontohan pesantren Nasional Muhammadiyah untuk mewujudkan pesantren sebagai pusat kaderisasi ulama dan sebagai tempat pengembangan masyarakat,” ungkap sang kyai yang juga tokoh perdamaian dunia tersebut

“Saya dan KH. Habib sepakat bahwa Pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah harus ada minimal 40% menjadi pesantren yang konsen tafaquh fii addiin mengikuti regulasi UU Pesantren dan kebijakan pemerintah,” lanjut Prof. Dr. M. Jandra, M.Ag. yang juga Dewan Pakar LPP PPM

Dalam penutupan Rakerwil Wakil Ketua PWM Jateng KH. M. Abduh Hisyam menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus dan komitmen untuk mewujudkan pesantren Muhammadiyah yang berkemajuan sehingga menghasilkan ulama berkemajuan.

“Alhamdulillah Rakerwil ini menghasilkan program kerja yang baik dan sekali lagi pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah harus mewujudkan pesantren yang ber tadaquh fii addiin, dan saya tutup raker ini dengan bacaan Alhamdulillah,” sambut Kyai M. Abduh

Rakerwil diakhiri dengan kunjungan ke Tempat Pengilahan Sampah dan limbah BKS (Biorekator Kapal Selam) di Langse Pati. (Tarqum Aziz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *