TikTok Shop Tutup, Konsumen Mulai Kebingungan

Umum1460 Dilihat

SAAT ini warganet sedang dihebohkan dengan tutupnya TikTok Shop pada Rabu (4/10/2023). Hal tersebut dilakukan karena yang pasti terdapat alasan dan mengapa TikTok shop ditutup? Berikut adalah alasannya;

Alasan mengapa TikTok shop ditutup yaitu;
1. TikTok shop tidak memiliki izin berdagang bagi e-commerce, TikTok shop hanya memiliki izin Kantor Perwakilan perusahaan Perdagangan Asing (KP3A).

2. Keluhan para pedagang Tanah Abang, yang mengalami kerugian lebih dari 50 persen karena tidak dapat bersaing dengan produk impor yang dijual dengan sangat murah di TikTok shop.

3. Tutupnya TikTok shop bukan tanpa alasan. Penutupan TikTok shop dilakukan setelah revisi Permendag Nomor 50 tahun 2020 selesai rampung dan diundangkan dalam Permendag Nomor 31 tahun 2023. Aturan ini mulai berlaku pada 26 September 2023.

Peraturan tersebut mengatur tentang perizinan, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui media elektronik.

“Lebih gampang kalo belanja di TikTok mah ya, harganya pada murah – murah juga, hemat biaya bensin tinggal tukang paket yang nganterin, ga perlu ribet-ribetlah intinya, sekarang mah kalo TikTok shop ditutup bingung juga mau belanja-belanja kaya baju tas sepatu tuh, ke pasar harganya juga pada mahal – mahal pusing deh,” ucap Rosidah, salah satu pengguna TikTok shop, Senin (9/10/2023).

Banyak karyawan TikTok shop yang terpaksa berhenti untuk bekerja karena hal tersebut. (Cika dan Zahra )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *