Pesantren MBS Bumiayu Adakan Pembinaan Tahsin al-Qur’an pada Siswa SD dan MI di Kecamatan Bumiayu Brebes

Pendidikan270 Dilihat

BREBES, KORANBEKASI.ID – Dewan Asatidz Pesantren MBS Bumiayu memenuhi undangan untuk melakukan Pembinaan Tahsin al-Qur’an untuk siswa pada 2 MI dan SD di Kecamatan Bumiayu, Brebes, Sabtu (20 Robiul Akhir 1445 H/04/11/2023 M).

Mudir Pesantren MBS Bumiayu, Kyai Sutriyono menegaskan bahwa program Tahsin al-Qur’an yang digelar  pesantren merupakan bagian dari program penguatan dan pembinaan kader persyarikatan.

“Adanya program tahsin al-Qur’an yang dilakukan oleh dewan asatidz Pesantren MBS Bumiayu terhadap beberapa sekolah binaan sekaligus sekolah asal santri MBS Bumiayu akan menjadi salah bagian dari risalah yang diamanatkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu untuk membaca dan mengajarkan ayat-ayat suci al-Qur’an kepada ummatnya agar generasi mendatang menjadi generasi robbani yang mumpuni dalam bidang ilmu Qur’an dan ilmu agama lainnya, di samping ilmu umum yang mereka kuasai,” tegas alumni Pascasarjana UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan itu.

Menurut Wakil Kepala SMP MBS Bumiayu, Ustadzah Yuli Mulyani, untuk sementara baru menjajagi MOU Program Tahsin al-Qur’an dengan 4 Sekolah, yaitu MIM Langkap, MIM Talok, SDM Bumiayu dan SDIT al-Ambary Bumiayu.

Pada Sabtu, 4 November 2023 telah dilakukan pertemuan perdana untuk siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Langkap yang beralamat di jalan KH Ahmad Dahlan No 24 Dusun Gembol Desa Langkap RT 02/IV Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes yang dipandu langsung Ustadzah Nihayatul Amniyah, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil Pesantren MBS Bumiayu yang langsung dikomandani Ustadz Bambang Wahyu Supriyanto.

Acara diakhiri dengan Ice Breaking dan pembagian doorprize untuk para siswa yang dipimpin  ustadz Is Abdurrahman yang dibantu dua santriwati, yaitu santriwati Tsuroya dan Zahra serta pemberian cinderamata dari MBS Bumiayu kepada Kepala MIM Langkap.

Muhammad Taufik selaku Kepala MIM Langkap sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Pesantren MBS Bumiayu dalam rangka membumikan dan menggemakan pembelajaran al-Qur;an.

“Program pembinaan tahsin al-Qur’an yang dirintis oleh Pesantren MBS Bumiayu akan menambah eratnya ukhuwah Islamiyah antar sesama AUM Pendidikan sekaligus media pembangkit semangat belajar seluruh warga MIM Langkap, terutama para siswa kami yang sekarang kelas 4-6 dengan harapan mereka akan menjadi siswa yang tangguh, unggul dan mumpuni dalam pembelajaran al-Qur’an, sehingga kelak akan lahir para kader bangsa dan persyarikatan dari MIM Langkap pilih tanding dalam penguasaan ilmu agama karena sudah didasari penguasaan ilmu al-Qur’an yang cukup memadai,” harapnya.

Sehari sebelumnya, yaitu pada Jum’at, 3 November 2023 juga telah dilakukan pembinaan Tahsin al-Qur’an perdana pada siswa MIM Talok yang berada di Jalan H Mansur Dusun Talok, Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Brebes. MIM Talok saat ini dipimpin seorang Kepala Madrasah yang sangat luar biasa yaitu Umi Atiah.

Pembinaan Tahsin al-Qur’an perdana pada siswa MIM Talok dipimpin langsung Ustadzah Faradizka’ Lc, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil Pesantren MBS Bumiayu yang langsung dikomandani oleh Ustadzah Anis Hidayati.  (Tarqum Aziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *