Peran Media Digital Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

Pendidikan1277 Dilihat

Oleh Vilya RA, Wiwi Nurjanah, Dhea Lionita, Indri A, Emalia P, Forkammela Br G, dan Camelia P (Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Prodi PGSD)

PENDIDIKAN adalah fondasi utama untuk membangun peradaban bangsa. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (UU No 20 tahun 2003).

Dunia pendidikan Indonesia semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut bisa dirasakan saat ini terlebih pada masa pandemi.

 

Dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini, sangat mendorong pendidik dan peserta didik untuk lebih kreatif dan invovatif dalam membuat pembelajaran yang aktif.

Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran harus mendapat perhatian dari pendidik sebagai fasilitator dalam setiap proses pembelajaran. Adanya digitalisasi media pembelajaran mampu membuat siswa memiliki akses yang lebih luas akan materi-materi pembelajaran yang diperlukan. Hal ini membuat para siswa memiliki berbagai pengetahuan yang diperoleh sehingga mampu membangun suatu pemikiran yang kritis dari berbagai sumber.

Adapun peran media digital dalam pembelajaran di sekolah dasar, yaitu:
1-Meningkatkan keterampilan dan kreatifiitas siswa.
2-Meningkatkan minat belajar siswa.
3-Menciptakan lingkungan belajar yan menarik.
4-Meningkatkan kualitas pembelajaran.
5-Mengembangkan keterampilan soft skill siswa, seperti komunikasi dan problem solving.

Secara keseluruhan, media pembelajaran berbasis digital dan teknologi telah membawa perubahan positif dalam pendidikan dengan memberikan berbagai peluang untuk meningkatkan pembelajaran, memperkaya pengalaman, dan membantu persiapan peserta didik untuk menghadapi dunia yang semakin terhubung dan berkembang secara teknologi.

 

Namun juga perlu diingat bahwasanya penggunaan media pembelajaran berbasis digital dan teknologi juga perlu dikelola dengan bijak. Pendidik harus memastikan bahwa penggunaan teknologi tidak menggantikan peran mereka sebagai fasilitator pembelajaran, dan bahwa tujuan pembelajaran tetap menjadi fokus utama.

Selain itu, perlunya literasi digital dan kesadaran akan etika dalam penggunaan teknologi juga perlu ditekankan kepada peserta didik.  Contoh:

-Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital —Youtube sebagai media pembelajaran
-Youtube adalah situs web yang menampilkan berbagai video dan memungkinkan pengguna untuk menonton, mengunggah, dan berbagi video.

Youtube merupakan salah satu media yang paling popular. Guru menggunakan youtube untuk memperluas pengetahuan mereka. Youtube juga memungkinkan siswa untuk lebih fokus pada konten yang disajikan melalui video yang menarik dan interaktif. Dengan youtube menjadikan pembelajaran lebih praktis, efisien, dan menyenangkan.
Video kartun atau animasi.

 

Animasi atau film kartun merupakan media digital sebagai sarana pembelajaran. Materi yang disampaikan mudah dipahami dan memusatkan perhatian siswa sehingga memotivasi mereka untuk menonton video yang lebih menarik. Selain itu juga dapat menambah kosa kata, memperluas pengetahuan, dan meningkatkan imajinasi siswa melalui video animasi atau kartun tersebut.

Canva Dalam Pembelajaran


Canva merupakan media pembelajaran yang menarik dan populer di kalangan guru. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat presentasi, video, poster, dll. Aplikasi ini memudahkan guru dalam pembelajaran karena menyediakan template desain yang dapat diterapkan dengan mudah sesuai kebutuhan guru dan siswa.

Ketika siswa dihadapkan pada materi yang berisi penuh tulisan dan teori, mereka akan kesulitan memahaminya. Hal ini menyebabkan menurunnya pemahaman siswa, sehingga siswa juga tampak kurang antusias dan kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Hal ini juga menimbulkan hambatan bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajarannya. Itu sebabnya kita perlu membuat inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan Canva sebagai media pembelajaran berbasis digital.

Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran


Di zaman teknologi yang sudah berkembang ini, guru juga memanfaatkan aplikasi quizizz dalam proses pembelajaran. Quizizz merupakan aplikasi quis atau permainan pendidikan yang sifatnya naratif dan fleksibel. Aplikasi ini memudahkan guru dalam membuat soal dengan model yang bermacam-macam dengan waktu yang relatif cepat. Quizizz dapat dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan materi, selain itu quizizz juga dapat digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa.

Jadi, di era modern ini sebagai pengajar kita itu tidak boleh gaptek (gagap teknologi). Karena kita akan kesulitan untuk menyesuaikan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Jika kita mengajar dengan metode yang monoton, maka akan membuat siswa merasa bosan dan malas dalam belajar. Kita harus memiliki inovasi-inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut jadi menyenangkan dan menarik.

Daftar Pustaka
Akhirudin, Sujarwo, Haryanto Atmowardoyo, & Nurhikmah. (2019). Belajar dan Pembelajaran.
Falahudin, I. (2014). Pengaruh Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.
Ilyas, H. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Isratul Aini, Yulia. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkul. Jurnal Kependidikan 2.25.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Bintang Suarabaya.
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pembelajaran-menggunakan-media-digital-itu-mudah-dan-menyenangkan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *