Indonesia Naik Peringkat, Erick Thohir Targetkan PSSI Tembus Peringkat 100 FIFA

Sport242 Dilihat

JAKARTA, KORANBEKASI.ID – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut positif naiknya peringkat Indonesia menjadi 142 FIFA. Sementara untuk keseluruhan negara, Argentina masih ada di posisi teratas ranking FIFA. Albiceleste sudah membukukan sebanyak 1.855,2 poin. Prancis ada di posisi kedua dengan koleksi angka 1.845,44.

Kenaikan peringkat ini disambut baik Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan optimis akan menargetkan masuk peringkat 100 besar dunia. “Alhamdulillah, posisi 142 di FIFA tak hanya tertinggi dalam lima tahun terakhir, tapi juga dalam setahun ini,” kata Erick Thohir di laman PSSI, Jumat (16/2/2024).

Menteri Badan Urusan Milik Negara (BUMN) ini mengatakan dengan peringkat sepakbola tim Garuda itu sangat signifikan. “Dalam lima tahun terakhir, posisi 142 FIFA merupakan peringkat terbaik Indonesia. Meski target saya tetap segera mungkin bisa tembus 100 dunia,” ujar Erick.

Menurutnya, upaya untuk terus menaikkan peringkat akan tersaji pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia yang tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina akan melakoni laga terdekat pada 21 dan 26 Maret 2024 dalam partai laga home dan away lawan Vietnam.

Sejauh ini, timnas sudah mengumpulkan satu poin dari hasil seri melawan Filipina dan sekali kalah dari Irak. “Ini sebuah proses yang membuktikan program yang kami lakukan di PSSI, terutama dalam menyiapkan timnas yang kompetitif dan berkualitas, sudah on the track,” terangnya.

Untuk diketahui, Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Di fase grup Piala Asia 2023, Indonesia mengoleksi satu kemenangan dan menelan dua kekalahan.

Kemenangan didapat Indonesia dari Vietnam. Sementara kekalahan ditelan Indonesia dari Irak dan Jepang. Kekalahan ditelan tim Merah-Putih dari Australia di babak 16 besar.

Dengan hasil ini, Indonesia mendapat tambahan 8,65 poin. Indonesia kini ada di posisi ke-142 dengan total poin 1.072,25. Di sisi lain, posisi Indonesia di antara negara-negara (ASEAN Football Federation) AFF tidak mengalami perubahan. Skuad Garuda masih berada di posisi keenam, sama seperti posisi para ranking FIFA sebelumnya (per 21 Desember 2023).

Dalam ranking FIFA yang dikerucutkan khusus untuk negara-negara AFF ini, Australia masih bertengger di puncak. Di bawahnya ada Thailand dan Vietnam, walaupun keduanya kini bertukar posisi.

Thailand yang di Piala Asia 2023 lalu juga tembus 16 besar, naik 12 peringkat di ranking FIFA teranyar. Di klasemen AFF, Negeri Gajah Putih itu kini menggeser Vietnam untuk menempati posisi kedua. Vietnam kini menempati posisi ketiga. (Ralian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *