DECATHLON Indonesia dengan bangga mengumumkan pembukaan toko baru pertamanya dalam dua tahun dengan konsep ritel yang baru. Toko baru ini mencerminkan strategi Decathlon yang terus berkembang, dengan fokus pada toko berformat lebih kecil di area strategis untuk melayani komunitas lokal dengan lebih baik.
Dengan luas 500 meter persegi, toko AEON MALL Deltamas ini lebih compact dibandingkan dengan outlet Decathlon biasanya, namun tetap mempertahankan desain terbuka tanpa batas fisik antara mal dan toko. Tata letaknya menawarkan pencahayaan tidak langsung untuk menyoroti produk dan menciptakan pengalaman berbelanja yang ramah. Meskipun lebih kecil, toko ini tetap sangat interaktif dengan zona uji coba dimana pelanggan dapat mencoba tenda, perlengkapan sepak bola dan basket, scuba diving, dan lainnya.
Toko baru ini berlokasi strategis untuk melayani berbagai penggemar olahraga di Cikarang dan Bekasi Timur, mulai dari pemula hingga atlet berpengalaman. Target audiens termasuk Komunitas Arpenaz Indonesia, yang memiliki kehadiran kuat di wilayah ini karena kedekatannya dengan area pegunungan. Selain itu, toko ini juga bertujuan untuk terlibat dengan berbagai komunitas olahraga, termasuk pelari, pesepeda, pemain inline skate, dan pemain golf, yang semuanya aktif di area AEON Deltamas.
Memilih AEON MALL Deltamas untuk toko baru ini merupakan langkah strategis bagi Decathlon, karena mall tersebut adalah AEON MALL terbesar di Asia Tenggara dan mewakili peluang kemitraan yang signifikan. Lokasi ini berada di area yang berkembang pesat dan akan mengalami pertumbuhan residensial serta industri yang signifikan dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan, menjadikannya tempat yang ideal untuk ekspansi ritel Decathlon.
Meskipun tokonya lebih kecil, Decathlon tetap akan menyediakan produk-produk terlaris dari berbagai kategori olahraga. Julien Gaudemard, Marketing Leader Jabodetabek, menjelaskan, “Pilihan produk akan disesuaikan seiring waktu berdasarkan permintaan masyarakat, memastikan bahwa pelanggan memiliki Komitmen Decathlon terhadap akses ke perlengkapan favorit mereka.
Keberlanjutan terus berlanjut dengan pembukaan toko ini, yang memperkuat strategi produksi local-to-local di Indonesia, dengan produk seperti tas punggung, kaos, sepatu, celana pendek, dan sarung tangan yang diproduksi secara lokal.”
Selain konsep toko baru, Decathlon Indonesia juga telah berupaya keras untuk membuat olahraga semakin mudah diakses dengan menurunkan harga di seluruh jajaran produknya. Henry Pfisterer, CMO Decathlon Indonesia, menjelaskan, “Sejak awal tahun, kami telah menurunkan harga lebih dari 15% produk kami. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen kami yang berkelanjutan untuk menyediakan peralatan olahraga berkualitas tinggi yang lebih mudah diakses dan terjangkau bagi semua orang, meskipun di tengah tantangan kenaikan biaya dan pajak tambahan. Kami percaya bahwa olahraga harus tersedia untuk semua orang, dan strategi penetapan harga ini memungkinkan kami untuk terus melayani pelanggan tanpa mengorbankan kualitas atau inovasi.”
Acara pembukaan ini akan dirayakan dengan berbagai aktivitas di Decathlon Playground selama empat hari, menampilkan berbagai aktivitas olahraga dan hiburan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Para tamu dapat berpartisipasi dalam sepak bola, inline skate, bulu tangkis, fitness, pingpong, dan simulasi golf, serta menikmati zona berkemah.
Acara ini juga akan menghadirkan demonstrasi olahraga langsung dan pertunjukan tari, menciptakan suasana yang penuh energi bagi semua pengunjung. Para pemimpin ritel dari Decathlon dan AEON Group, serta influencer olahraga dan 20 jurnalis, akan hadir untuk menyaksikan pembukaan tersebut. Keluarga dan teman-teman karyawan Decathlon juga akan turut bergabung dalam perayaan ini.
Decathlon menegaskan kembali komitmennya untuk membuat olahraga dapat diakses oleh semua orang, yang menjadikan toko baru ini sebagai langkah yang baik bagi merek di Indonesia. “Toko ini bukan sekadar lokasi baru–ini adalah simbol dari komitmen Decathion untuk memajukan Indonesia melalui olahraga,: Kami bersemangat untuk masa depan, dan kami di sini untuk membuat olahraga dapat diakses, terjangkau, dan menyenangkan bagi semua,” jelas Sujita Baruah, CEO Decathlon Indonesia.
Wina Febrian, Store Leader Decathion AEON MALL Deltamas, juga menekankan pendekatan yang berfokus pada pelanggan dan tujuan untuk memberikan pengalaman belanja kelas dunia. “Di Decathlon, kami percaya bahwa pelayanan pelanggan yang luar biasa bukan hanya tentang membantu pelanggan, tetapi juga tentang embangun hubungan, memahami kebutuhan mereka, dan memberdayakan mereka untuk membuat pilihan terbaik dalam perjalanan olahraga mereka,” ujarnya.
Toko Decathlon di AEON MALL Deltamas adalah pilihan yang sempurna dalam strategi ekspansi jangka panjang Decathlon Indonesia, dengan banyak toko lainnya yang direncanakan untuk masa depan.
Tentang Decathlon Indonesia
Decathlon Indonesia adalah anak perusahaan dari Decathlon, salah satu retailer perlengkapan olahraga terbesar di dunia yang berkantor pusat di Prancis, Decathion telah hadir sejak tahun 1976 dan memiliki lebih dari 1.749 toko di lebih dari 78 negara, semuanya memiliki misi yang sama untuk secara berkelanjutan membuat kesenangan dan manfaat olahraga dapat diakses oleh banyak orang. Decathlon telah hadir di Indonesia sejak tahun 2017 dan memiliki sembilan toko. Situs resmi Decathlon, decathlon.co.id, juga menyediakan pengalaman berbelanja yang nyaman dengan pengiriman ke seluruh Indonesia. (Wit)