Pohon Kurma Masjid Al-Barkah Kota Bekasi Mulai Berbuah Kembali

Bekasi Kota1487 Dilihat

MASJID Al-Barkah merupakan salah satu masjid yang namanya sudah dikenal oleh warga Kota Bekasi. Masjid ini termasuk salah satu mesjid tua yang ada di Indonesia, terletak di Jalan Veteran, Kota Bekasi.

Masjid Al-Barkah ini cukup luas, dengan interior menarik perhatian. Hal unik lain lagi yang ada di Masjid Al-Barkah adalah adanya sejumlah pohon kurma yang tumbuh pada pekarangan halaman.

Diketahui pada tahun 2004 pengurus masjid berkeinginan untuk mendekorasi area masjid dengan tumbuh-tumbuhan. Maka mereka memilih pohon kurma untuk ditanam.

Awal pohon kurma ditanam berjumlah 12, namun perlahan berkurang menjadi lebih sedikit dari sebelumnya. Pohon-pohon kurma ini menariknya selalu berbuah hanya di bulan suci Ramadhan. Sebab itulah kurma-kurma yang dihasilkan bisa dipanen hanya setelah berakhirnya bulan Ramadhan.

Sayangnya beberapa tahun lalu ketika sedang marak penyakit Covid-19, pohon kurma ini tidak berbuah pada rentang tahun-tahun tersebut. Akan tetapi berita baiknya, pohon ini mulai berbuah kembali di tahun 2023 dan pada bulan Ramadhan.

Ketika berbuah, warna buah kurma menjadi hijau sampai kekuning-kuningan. Walaupun rasanya belum mirip seperti yang ada di Mekkah, namun adanya kurma ini merupakan suatu keistimewaan sendiri. (Annisa/Arzak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *