Jamaah Haji Termuda Kota Bekasi Berusia 18 dan Tertua 104 Tahun

Umum1409 Dilihat

BERANGKAT haji merupakan impian semua warga muslim, terlebih lagi merupakan salah satu rukun Islam. Dari yang muda hingga tua dapat menunaikan ibadah haji, tetapi harus menunggu bertahun-tahun untuk diberangkatkan karena menunggu kuota haji yang diberikan pihak yang berwenang.

Musim haji sudah dimulai dari bulan Ramadhan sampai puncaknya di Dzulhijjah. Jama’ah haji pun sudah bersiap-siap saat bulan Sya’ban. Pada tahun 2023 kuota haji untuk Kota Bekasi adalah 2.626 orang, ditambah lansia 43 orang.

Lansia yang termuda dari jama’ah haji Kota Bekasi kelahiran tahun 1942. Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi mencadangkan 262 orang atau 10 persen dari kuota yang didapat. Biaya haji tahun 2023 berjumlah sekitar Rp49 juta, sebanyak 407 orang yang belum melunasi biaya haji di Kota Bekasi.

“Untuk kuota sampai hari ini, kita belum dapat upgradenya berapa jumlah yang sudah melunasi dari yang 2.626 yang memang posisi masuk dan cadangan,” ujar Deden selaku humas Kemenag Kota Bekasi, Selasa (23/5/2023).
Empat dari delapan kloter sudah penuh untuk jama’ah haji Kota Bekasi, dimana jumlah calon jama’ah haji tahun ini lebih besar dari tahun 2022. Tetapi dibandingkan dengan 2018 kuota jama’ah haji menurun pada tahun ini.

Bagi masyarakat Bekasi dapat mendaftar haji dengan syarat ber-KTP Bekasi, lalu membawa buku tabungan ke bank yang sudah bekerja sama untuk berangkat haji dan membayar biaya awal sebesar Rp25 juta, kemudian disetorkan oleh bank ke Badan Pengurus Keuangan Haji (BPKH). Bank yang bekerja sama dengan Kemenag Kota Bekasi diantaranya adalah bank Muamalat, BSI, Jabar Syariah.

Langkah selanjutnya setelah ke bank adalah ke Kemenag Kota Bekasi dengan membawa foto, ijazah maksimal SLTA atau surat nikah, akte nikah, fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, bukti pembayaran dari bank. Setelah mengisi formulir yang diberikan oleh petugas lalu mendapatkan Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH).

Untuk haji reguler, calon jama’ah tidak bisa langsung melunaskan pembayaran, pelunasan dapat dilaksanakan saat tahun pemberangkatan calon jama’ah haji tersebut. Estimasi pemberangkatan haji dari mendaftar 23 tahun bila mendaftar tahun ini. Jama’ah haji yang akan diberangkatkan tahun ini yang termuda berumur 18 tahun yang telah mendaftar sejak tahun 2012 silam dan yang tertua berumur 104 tahun.

Deden berpesan kepada jama’ah haji agar sucikan hati bersihkan pikiran, luruskan niat, sesampainya di Tanah Suci beribadah sesuai dengan petunjuk syariat, jangan merasa sombong dan manfaatkan waktu dengan beribadah dengan sebenar-benarnya. (Ivan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *