Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Minta Manajemen RSUD Cabangbungin Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Bekasi Kabupaten236 Dilihat

KETUA Komisi 1 DPRD Kabupaten Bekasi Ani Rukmini di Cikarang, Selasa (6/6/2023)  meminta manajemen RSUD Cabangbungin mengoptimalkan pelayanan kesehatan, khususnya masyarakat di wilayah utara melalui program inovasi terukur serta berkesinambungan.

“Jelas indikator keberhasilan itu bisa dilihat dari sisi pelayanan. Ini yang harus dimaksimalkan. RSUD Cabangbungin yang dibangun pada tahun 2017 dengan tujuan menjadi layanan kesehatan rujukan utama masyarakat di wilayah utara Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Dikatakannya, sebagai fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah, RSUD Cabangbungin dituntut mampu memberikan pelayanan kesehatan secara prima dan optimal kepada masyarakat yang ditunjukkan melalui indikator keberhasilan peningkatan capaian kinerja dari tahun ke tahun.

Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bisa diupayakan melalui program-program inovatif yang terus dikembangkan hingga mampu mencapai tingkat kepuasan masyarakat secara maksimal.

“Harapan kami tentu masyarakat merasa dilayani secara paripurna, jadi ada tingkat kepuasan warga terhadap layanan RSUD. Baru kemudian bagaimana upaya manajemen memberikan kontribusi kepada daerah melalui tambahan pendapatan asli daerah sehingga visi misi rumah sakit bisa tercapai,” ujarnya.

Ani juga meminta manajemen rumah sakit turut membantu pemerintah daerah mengoptimalkan kembali jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai target 100 persen cakupan kesehatan semesta tahun ini.

“Sudah sangat baik karena berdasarkan data Dinas Kesehatan, UHC (Universal Health Coverage) di kita sudah 98,28 persen atau 3,3 juta jiwa terlindungi program BPJS Kesehatan. Mudah-mudahan target 100 persen bisa dicapai tahun ini, tentu dengan dukungan penuh juga dari fasilitas-fasilitas kesehatan, termasuk RSUD Cabangbungin,” lanjutnya.

Direktur RSUD Cabangbungin dr Erni Herdiani mengatakan, sejak berdiri tahun 2017 lalu, fasilitas kesehatan ini memiliki visi misi sebagai rumah sakit harapan masyarakat berstandar nasional dengan tujuan memenuhi kebutuhan pada layanan kesehatan rujukan warga wilayah utara Kabupaten Bekasi.

“Awalnya banyak kendala sehingga belum sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat. Seperti kunjungan pasien dimana BOR (Bed Ocupancy Rate) rendah, hanya 20 persen, pendapatan BLUD dan banyak lagi keluhan pasien yang belum mendapatkan penanganan,” katanya.

Berkat inovasi program rumah sakit berorientasi pelayanan, disingkat Rusa Berlian, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat berhasil dicapai, termasuk peningkatan kontribusi pendapatan daerah.

“Dengan berbasis kemampuan SDM, money, material, methode dan environtment di RSUD Cabangbungin, kami rumuskan inovasi komprehensif dengan optimalisasi semua inovasi yang sebelumnya sudah ada menjadi satu wadah inovasi yaitu inovasi Rusa Berlian,” jelasnya. (Wit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *