Intip Proses Pembuatan Bunga Dodol Asli Bekasi, Yuk!

Umum1429 Dilihat

BINGUNG kasih bingkisan atau oleh-oleh khas Bekasi untuk sanak saudara? Bunga Dodol Asli Bekasi, bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memberi oleh-oleh khas Bekasi ke sanak keluarga maupun kerabat.

Dodol Betawi merupakan kuliner tradisional yang masih dilestarikan budayanya hingga kini. Meski penjual dodol Betawi makin marak, tidak banyak yang masih mempertahankan proses pembuatan dodol Betawi dengan cara tradisional.

Di kawasan Ujung Harapan, Kabupaten Bekasi, terdapat salah satu pembuat dodol Betawi bernama H. Abdul Wadud yang masih memakai cara tradisional.

Ia memulai usaha sejak tahun 1990, yang terinspirasi oleh kedua orang tuanya sebagai seorang pedagang dodol Betawi. Pembuatan dodol dengan cara tradisional ia lakukan agar cita rasa khas Betawi terjaga dan tetap otentik.

Pada proses pembuatan dodol, dilakukan sekitar tujuh sampai delapan jam dengan memakai kayu bakar, wajan besar, dan sampan untuk mengaduk dodol.

“Pembuatannya masih dengan cara tradisional, seperti pakai kayu bakar, wajan yang besar, sama sampan untuk mengaduk dodol,” kata Sadam, Pekerja Bunga Dodol Bekasi saat diwawancarai pada Senin (11/9/2023).

Adapun bahan-bahan yang diolah untuk membuat dodol yaitu kelapa, gula merah, gula putih, dan tepung.

“Kelapa parut dijadiin santan, lalu dijadiin satu sama gula merah yang sudah dilelehkan di api bakar, terus diaduk juga sama gula putih dan tepung sampai sekitar tujuh atau delapan jam,” ucapnya.

Ia pun berkata untuk memastikan dodol yang sudah benar-benar matang yaitu dengan melihat teksturnya terlebih dahulu. Jika tekstur sudah kental, maka proses selanjutnya didiamkan sekitar 30 menit, dan setelah itu beralih ke tahap pengemasan.

Sementara itu, Bunga Dodol Asli Bekasi menyediakan daftar harga beragam yang terjangkau.

“Macam-macam harganya, dodol yang dikemas di mika satu kilogram dihargai 80.000, dodol gulungan dua ratus kilogram seharga 18.000, dodol yang di box lima ratus kilogram 43.000, dan termahal 200.000 dengan ukuran dua kilo setengah,” imbuhnya.

Cita rasa tradisional yang dipertahankan oleh Bunga Dodol Asli Bekasi itu pun menghadirkan rasa senang bagi sebagian warga, karena memudahkan masyarakat untuk membeli oleh-oleh Bekasi khas Betawi ke sanak saudara.

Seperti salah satu kegembiraan yang datang dari pembeli asal Wisma Asri, bernama Maryanah.

“Alhamdulillah deket kalau beli makanan asli Bekasi buat oleh-oleh keluarga, jadi ngga perlu jauh-jauh, harga juga terjangkau di sini,” ucapnya. (Sheila, Mahasiswi STAI At-Taqwa Bekasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *