Resensi Buku Mustholah wa Takhrij al-Hadits

Pendidikan470 Dilihat

Pengarang : Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A & KH. Abdul Syakur, M.A
Penerbit : Jejak Pustaka
Kota : Yogyakarta
Tanggal Terbit : 1 Agustus 2023
ISBN : 978-623-183-483-6
Total Halaman : 245 halaman

Sinopsis Buku
Secara subtantif, buku karya Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syakur, M.A ini menarik dalam tiga hal.

Pertama, buku yang berjudul “Mustholah wa Takhrij al-Hadits” (2023) ini menyiratkan semangat menilik kembali kelengkapan ilmu hadis dalam tradisi keilmuan Islam.

Kedua, buku terbitan Jejak Pustaka, Yogyakarta ini memberikan peta awal untuk mengenal ragam ilmu matan hadis, baik yang telah dikembangkan oleh ulama salaf, ataupun ulama kontemporer. Di antaranya ialah ilmu mukhtalif al-hadits, ilmu nasikh wa mansukh al-hadits, ilmu gharib al-hadits, dan ilmu maqashid al-hadits.

Ketiga, buku setebal 245 halaman ini memberikan contoh-contoh sederhana bagaimana beragam ilmu hadis di atas diaplikasikan. Dengan menelaah buku ini, setidaknya kita akan diantarkan untuk menginsafi bahwa mencintai sunnah dan hadis haruslah berbekal dengan ilmu yang mengitarinya. Tidak serta merta asal suka dan cinta sunnah, lantas kita gegabah memahami hadis dan mengamalkannya.

Dalam praktiknya, ilmu ini adalah tahapan awal untuk memasuki kajian ilmu hadis. Mengingat, ilmu ini hanya fokus mengulas istilah dan konsep kunci. Semisal definisi hadis, khabar, atsar, pembagian hadis mutawatir, hadis ahad, hadis masyhur, hadis aziz, hadis gharib, hadis shahih, hadis hasan, hadis dhaif, dan hal terkait dengan istilah teknis kajian hadis.

Kelebihan
Buku dalam pembahasannya sistematis sehingga seseorang mudah dalam mempelajari tentang ulumul Hadis
Mudah diakses melalui google books
Dapat digunakan untuk rujukan karya ilmiah

Kekurangan
Tidak adanya daftar isi yang bisa memudahkan pembaca dalam
Ada beberapa pembahasan yang perlu pemahaman yang cukup mendalam

Kesimpulan
Buku yang berjudul Mustholah wa Takhrij al-Hadits ini ditulis oleh Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syakur. Buku ini menawarkan berbagai penjelasan terkait ilmu hadis berdasarkan klasifikasinya serta penggunaannya. Karena aksesnya yang begitu mudah, buku ini cocok untuk semua kalangan, termasuk kalangan pelajar maupun kalangan umum. (Fatih Zein Muhammad/Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *