Grand Wisata Jadi Ajang Balap Liar, Ada Patroli Tetap Saja Dicuekin

Umum1011 Dilihat

GRAND Wisata, tempat ini sering dijadikan sebagai ajang balap liar. Kelompok balap liar sering kali terdiri dari pemuda, menyelenggarakan balapan tidak resmi di jalan-jalan umum, khususnya pada malam hari pukul 00.00 WIB. Mereka menggunakan kendaraan bermotor yang dimodifikasi secara ilegal untuk mencapai kecepatan tinggi.

Balap liar menghadirkan risiko kecelakaan serius, baik bagi peserta balap maupun masyarakat yang berada di sekitarnya. Terlepas dari bahaya fisik, balap liar juga mengganggu ketenangan warga yang tinggal di sekitar tempat-tempat balapan ilegal.

Aksi ini juga membuat jalanan menjadi macet karena ditutup secara ilegal oleh orang-orang yang mengikuti aksi balap liar tersebut dan tentu saja itu membuat warga geram atau kesal.

“Saya sering memarahi orang-orang yang mengikuti balap liar bahkan saya laporin ke patroli tetapi tetap saja mereka tidak mengerti dan tetap melakukannya,” ucap Ridwan, warga setempat, Senin (6/11/2023).

Sanksi yang dikenakan pada pelanggar balap liar bisa mencakup denda, penahanan kendaraan, pencabutan lisensi mengemudi, atau bahkan tuntutan hukum jika peristiwa tersebut mengakibatkan cedera atau kerusakan properti.

Pihak berwenang telah mencoba untuk menindak pelaku balap liar. Ini melibatkan patroli polisi yang ditingkatkan dan penegakan hukum yang lebih ketat terhadap kendaraan yang dimodifikasi secara ilegal. Namun, upaya penegakan hukum sering kali terhambat oleh mobilitas kelompok balap liar dan kompleksitas mengendalikan peristiwa di jalan raya.

“Saya rasa patroli harus stand by agar orang-orang tersebut tidak bisa melakukan aksi balap liar ” ucap Ade, pedagang kopi.

Balap liar adalah masalah yang kompleks, dan penanganannya memerlukan kerja sama antara pihak berwenang, masyarakat, dan pemain utama di industri otomotif. Tantangan utamanya adalah menjaga keamanan masyarakat dan mengurangi praktik balap liar di jalanan kota. (Dhiya Abdul Hafiz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *