Program Sapa Masyarakat: Adhika Dirgantara Kunjungi Kader Posyandu RW 07 dan Kelompok 10 KKN IBM Bekasi

Pendidikan401 Dilihat

ANGGOTA Komisi II DPRD Kota Bekasi yang membidangi Infrastruktur dari Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Adihka Dirgantara turun langsung ke tengah-tengah masyarakat melalui Program “Sapa Masyarakat”. Program ini dijalankan sebulan empat kali (setiap pekan). Adhika mengunjungi kader-kader Posyandu Melur RW 07 Kayuringin Jaya Bekasi Selatan dan Kelompok 10 KKN IBM Bekasi yang sedang mengadakan Pelayanan Kesehatan melalui Posyandu, Jumat (10/11/2023) di Gedung Posyandu Melur RW 07.

Lili Fadli Muhamad sebagai Ketua RW 07 dan Yetty Huryaty sebagai Wakil Ketua PKK, Direktur Bank Sampah Wijaya Kusuma RW 07, dan Henny Adriana sebagai Bendahara PKK RW 07 menyambut Kader PKS Kota Bekasi ini dengan penuh keakraban. Turut menyambut pula kader-kader Posyandu RW 07 yang hadir yaitu, Wani Ratia Esti (Ketua), Feri Trisnawati (Sekretaris), Purwanti (Bendahara) dengan anggota Salbiyah, Siti Suharningsih, Tugiyem, Nani Kesmanasari, Purwita Septianawati, Kasi Rahayu, Iis Nurnawati, Komariah, dan Sulistyowati.

Sedangkan Mahasiswa Kelompok 10 KKN Bekasi yang membantu pelayanan Posyandu yakni Yoni Haris Setiawan (Ketua), Resma Rumailah (Sekretaris), Fakhrusyi Syakirin (Wakil Sekretaris), Nur Khopipah Atmaja, Hafidh Amrillah (Wakil Bendahara), dan Delila Ilvi (Divisi Pendidikan dan Bisnis).

Adhika setiap pekan menyapa masyarakat untuk silaturrahim, menyerap aspirasi, dan juga memantau infrastruktur (sarana dan prasarana) baik yang telah dibangun melalui bantuan pemerintah maupun secara swakelola atau swadana warga itu sendiri.

Menurut Adhika, infrastruktur kesehatan secara fisik mulai dari Puskesmas, RSUD tipe C, beberapa puskesmas layanan kesehatan Universal Health Coverage (UHC) Kota Bekasi merupakan komitmen pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Bekasi. “Siapa yang belum punya BPJS akan difasilitasi BPJS, termasuk masyarakat yang tidak mampu dibiayai BPD Pemkot?” tandas Adhika.

Terkait kedatangan ke Posyandu Melur RW 07 Kayuringin Jaya, Adhika mengungkapkan cukup bergembira melihat antusias masyarakat, terutama ibu-ibu dengan membawa, memeriksakan kesehatan batita, balita, dan ibu-ibu yang sedang mengandung (hamil) untuk memeriksa kondisi kandungannya. Selain itu juga dalam upaya menyerap aspirasi kader-kader Posyandu.

“Di banyak tempat terkait insentif untuk kader Posyandu memang masih belum setara dengan kinerjanya, Posyandu RW 07 dari sarana prasarana sangat memadai, Ketua RW 07 suppport banget pada kegiatan Posyandu,” papar Adhika.

Lebih lanjut, Adhika menjelaskan berdasarkan pengamatannya, bahwa saat ini yang menjadi kendala di posyandu ialah ibu-ibu rumah tangga yang telah berusia lanjut atau purna tugas. Namun, ibu-ibu rumah tanggga atau purna tugas ini masih produktif, profesional, memiliki skills, waktu dan kesempatan. Di sisi lain yang telah purna tugas memiliki semangat yang tinggi pada masyarakat, semangat melayani masyarakat.

Adhika menaruh harapan besar terhadap partisipasi aktif masyarakat tetap untuk datang dan hadir ke Posyandu. Dan ibu-ibu muda atau anak-anak muda turut berinovasi membantu kader-kader yang telah berusia. Semisal administrasi Posyandu anak-anak muda dapat membantu entrydata dengan menggunakan aplikasi atau otomasi komputerisasi, dengan demikian pekerjaan dapat terselesaikan secara cepat dan akurat dengan penggabungan dan penerapan teknologi, memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan, meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan.

Sementara itu, bagi mahasiswa Kelompok 10 KKN IBM Bekasi, Adhika memberikan dukungan dan apresiasi atas kolaborasi dan sinergisasi yang baik dengan masyarakat. “Sejauh ini teman-teman KKN terjun ke masyarakat tentu berbeda dengan belajar di ruang-ruang perkuliahan, Saya yakin pasti akan lebih punya kepekaan terhadap problema di tengah masyarakat, sehingga ketika lulus dari kampus dapat ikut menjadi bagian produktif dan pro aktif terhadap pengembangan masyarakat,” pungkas Adhika. (Yoni Haris Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *