Peraih 3 Medali Olimpiade, Lisa Rumbewas Meninggal Dunia

Sport519 Dilihat
ATLET legendaris Indonesia asal Papua yang telah menyumbangkan tiga medali Olimpiade, Lisa Raema Rumbewas, meninggal pada usia 43 tahun. Ia dikabarkan meninggal dunia pada Minggu, 14 Januari 2024, sekitar pukul 03.00 WIT di RSUD Jayapura.
“Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, dalam keterangan resmi.
“Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih, dan jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” lanjutnya seperti dikutip dari kumparancom.
Semasa menjadi atlet, Lisa telah mempersembahkan 3 medali Olimpiade untuk Indonesia. Pada debutnya di Olimpiade Sydney 2000, putri dari pasangan atlet binaraga Levi Rumbewas dan atlet angkat besi Ida Korwa ini berhasil meraih medali perunggu di kelas 48 kg.
Olimpiade Athena 2004, Lisa Rumbewas meraih medali perak kelas 53 kg. Medali Olimpiade ketiga yang diraih atlet kelahiran 10 September 1980 ini adalah perunggu Olimpiade Beijing 2008.
Medali tersebut diberikan (IOC) yang diwakili Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 3 Desember 2017 di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta. Hal tersebut terjadi lantaran, atlet asal Belarusia, Nastassia Novikava, menggunakan doping turinabol dan stanozol, sehingga medalinya dicabut.
Kini, sang legenda telah berpulang. Selamat jalan, Lisa Rumbewas. (zas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *