Resep Bangun Pagi Biar Badan Sehat Ala Lansia

Umum765 Dilihat

BANGUN pagi adalah satu dari banyak hal yang pasti tidak disukai sebagian orang, apalagi jika malamnya habis begadang, rasanya badan berat, mata merah, kepala pusing, kasur seperti menarik tubuh menandakan kita harus tidur lima menit lagi. Dan seperti yang sudah kita tahu bahwa begadang memang tidak baik bagi tubuh. Bisa menjadi alasan datangnya berbagai penyakit.

Berbeda dengan wanita lansia ini yang selalu terlihat di lapangan. Nenek Indah, ia merupakan seorang nenek berusia 69 tahun. Ia begitu menjaga pola hidupnya supaya tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Berawal dari yang memang mempunyai rutinitas jogging setiap pagi di lapangan dekat rumah, akhirnya perhatian pun tertuju pada seorang nenek yang juga rutin berkeliling lapangan setiap pagi. Kemudian, saya memberanikan diri untuk bertanya, sebenarnya apa saja yang ia lakukan setiap pagi, sehingga masih terlihat sehat dan jarang terserang penyakit di usia yang tidak lagi muda. Nah, berikut beberapa tips yang selalu ia lakukan secara rutin di pagi hari :

Minum Segelas Air Putih
Sederhana tapi mewah, ya itulah air putih. Mengapa dikatakan sederhana tapi mewah? Sederhana karena mudah didapatkan, dan mewah karena melimpah manfaatnya. Salah satu manfaat dari meminum air putih yaitu metabolisme tubuh kita akan meningkat hingga 25% . Metabolisme yang lancar membuat tubuh kita menjadi lebih energik dan nyaman untuk beraktivitas. Dan fakta lain mengatakan, meminum segelas air putih di pagi hari bisa menghilangkan rasa ngantuk.

Menyantap Sarapan Sehat
Selanjutnya, ia berkata bahwa setiap pagi tidak pernah melewatkan sarapan. Sesibuk apapun jadwalnya, bagi nenek Indah sarapan merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Tidak jarang juga para olahragawan di media sosial yang membagikan kebiasaan mereka di pagi hari, salah satu nya sarapan yang mereka makan. Dan jika diperhatikan sarapan para olahragawan tidak mengandung tinggi gula. Nenek Indah juga sependapat dengan hal itu. Saat pagi tiba , sang nenek selalu menyiapkan sarapan favorit suaminya, salah satu nya oat. Oat adalah makanan berprotein tinggi, kaya akan antioksidan dan baik untuk pencernaan yang sehat. Selain oat, telur juga bisa menjadi pilihan untuk menyantap sarapan sehat. Telur adalah sumber protein yang baik dan dapat membuat perut kenyang lebih lama. Baik telur rebus, telur dadar, telur orak-arik, telur ceplok, semua nya baik dan terlihat lezat saat di jadikan menu untuk sarapan.

Biarkan Cahaya Matahari Masuk

Saat pertama bangun dengan kondisi ini, mata kita akan sedikit sensitif terhadap cahaya. Mungkin berat melakukannya, tapi ini penting. Biarkan tubuhmu mendapat sinar hangat matahari. “Jika kamu tetap menutup tirai sepanjang pagi, dan bersiap-siap dalam gelap, ini akan menunda ritme alami tubuh dan akan menjadi awal yang buruk untuk hari mu,” ujar nenek Indah. Maka bukalah tirai jendelamu. Saat kamu mencoba hidup sehat, membuka tirai jendela juga bisa menurunkan rasio BMI.

Bergerak
Setelah tidur malam yang panjang, otot dan sendi kamu mungkin agak keras dan kaku. Jika memulai hari tanpa melakukan peregangan atau gerakan, kamu akan lebih rentan terluka nantinya karena tubuh tidak mendapat pemanasan. Bergerak di pagi hari, baik dilakukan untuk menyiapkan tubuh agar siap menjalani hari. Cukup gerakan yang ringan saja, seperti memutar-mutar bahu, mengangkat kaki secara bergantian, ataupun jalan pagi mengelilingi lapangan dekat rumah.

Itulah beberapa tips untuk memulai pagi dengan produktif dan juga pola hidup sehat yang sederhana. Walaupun sederhana, tidak menutup kemungkinan bahwa sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya. (Hafilia Muzniyyah, Ilkom Unisma)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *