Navicomm Project Gelar Pemberdayaan Mushola dan Santunan untuk Yatim hingga Dhuafa

Umum935 Dilihat

ONE Week One Mushola, sebuah proyek sosial yang digagas Navicomm Project telah dilaksanakan pada Sabtu (27/1/2024) pagi. Proyek yang berfokus pada pemberdayaan mushola tersebut dilakukan seluruh tim Navicomm, sekumpulan mahasiswa Ilmu Komunikasi IBM (Institut Bisnis Muhammadiyah) Bekasi.

Proyek ini digelar sebagai bentuk kepedulian Navicomm terhadap kondisi tempat ibadah yang kurang terurus oleh masyarakat setempat. Adapun tempat yang menjadi tujuan proyek perdana komunitas ini adalah Mushola Al Amin di Jalan Ki Mangun Sarkoro, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

“Insha Allah, ini langkah awal kami untuk memberdayakan mushola di Indonesia khususnya wilayah Bekasi. Karena saat ini, beberapa mushola sebagai salah satu tempat ibadah umat muslim mulai banyak yang tidak terurus dibandingkan masjid. Lewat Navicomm, kami ingin memberdayakan mushola-mushola tersebut ke depannya agar dapat hidup seperti masjid pada umumnya,” jelas Fachri, Ketua Navicomm Project.

NaviTeam, tim dari Navicomm Project memulai kegiatan dengan pembersihan mushola. Bersih-bersih dilakukan mulai pukul 09.20 WIB dengan menggunakan berbagai peralatan yang ada.

“Kami menggunakan peralatan seadanya untuk membersihkan mushola. Jadi seluruh tim membawa peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari sapu hinggal pel,” ujar Andika, Wakil Ketua Navicomm Project.

Selain bersih-bersih, Navicomm Project juga mengadakan santunan kepada anak-anak yatim, piatu, dan dhuafa. Santunan yang diberikan berupa donasi dari para donatur yang ikut berpartisipasi dalam proyek sosial perdana Navicomm Project ini. Tak hanya itu, Navicomm juga turut memberikan wakaf berupa Al Quran dari para donatur untuk mushola.

“Alhamdulillah. Donasi yang terkumpul dari Navers, keluarga besar komunitas kami sebesar Rp3.145.000. Semoga donasi dapat bertambah dan semakin banyak Navers yang ikut berpartisipasi di berbagai kegiatan sosial mendatang,” jelas Ainnur, Bendahara Navicomm Project.

Proyek perdana Navicomm Project ini disambut baik pengurus RT setempat. Ita, Perwakilan RT mengatakan, kedatangan tim Navicomm sebuah keberkahan yang luar biasa. Pasalnya, untuk pertama kalinya ada komunitas berisi pemuda yang hadir memberdayakan mushola sekaligus memberikan santunan.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman Navicomm yang telah membantu mushola kami. Semoga jadi ladang ibadah untuk teman-teman semua,” ujar Ita.

Saudi, pengurus mushola, juga turut memberikan apresiasi kepada Navicomm. Selama 15 tahun berdiri, baru kali ini Mushola Al Amin yang kurang ramai dan tak terurus tersebut dikunjungi sekumpulan anak muda untuk diberdayakan. Selama ini juga, Saudi mengurus mushola sendirian dan tidak ada yang membantunya.

“Saya berterima kasih untuk Navicomm karena sudah mampir ke mushola kecil kami. Saya salut akan semangat anak-anak muda yang peduli dan ikhlas untuk Allah memberdayakan tempat ibadah kecil ini. Karena sejatinya apa yang kita lakukan, semua akan dipertanggungjawabkan kembali kepada Allah,” tutur Saudi.

Selain pemberdayaan tempat ibadah, Navicomm Project sendiri akan menggelar berbagai kegiatan sosial di masa yang akan datang. Mulai dari pemberdayaan UMKM, kesehatan, dan kegiatan sosial menarik lainnya.

“Pastinya kami akan menghadirkan proyek-proyek sosial lainnya. Tentunya kami butuh dukungan dan partisipasi aktif dari Navers sekalian,” tutur Fachri, Ketua Navicomm Project. (Damar, Ikom IBM Bekasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *