Live tvone, Ahad 31 Maret 2024; Absen Dua Tahun, Keith Thurman Tantang Tim Tszyu

Sport328 Dilihat

DUA TAHUN absen dari ring, Keith Thurman, mantan juara dunia tinju kelas welter dan super welter WBA/WBC, akan tampil kembali. Tak tanggung-tanggung, petinju kelahiran Clearwater, Florida, Amerika, 35 tahun silam akan menantang Tim Tszyu, juara dunia kelas super welter WBO asal Australia.

Eddie Hearn dengan bendera PBC (Premier Boxing Champions) menjadi arsitek pertarungan tersebut. Laga Thurman vs Tszyu, yang akan dipentaskan di T-Mobile Arena, Las Vegas Nevada, Amerika, Sabtu (30/3/2024) itu rencananya juga akan disiarkan secara langsung oleh tvone, Ahad (31/3/2024) mulai jam 09.00.

Selain kedua jagoan itu, PBC juga menampilkan dua kejuaraan dunia Super Lightweight WBA, Ronaldo Romero vs Isaac Cruz, penantang ke-2. Dan, Erislandy Lara, juara dunia Midlleweight WBA ditantang oleh penantang utamanya Michael Zerafa dalam Mandatory Fight_alias pertarungan wajib.

Kendala
Thurman, petinju berjuluk One Time itu melakukan dua laga terakhir ke-31 dan 32, bertemu Manny Pacquiao (20/7/2019) satu-satunya kekalahan dati 32 penampilannya dan vs Mario Barrios (5/2/2022). Setelah itu, ia meninggalkan ring karena ada kendala berat pada siku kanannya.

Awalnya Thurman tidak menggap serius cederanya. Namun perlahan tapi pasti, rasa sakit di sikunya semakin menjadi-jadi. Lalu, tepat 19 Mei 2022, ia tak punya pilihan lain. Setelah operasi dokter mewajibkan Thurman untuk istirahat minimal enam bulan.

Seperti banyak petinju, Thurman sesungguhnya ia mengabaikan perintah dokternya. Apa lagi ada dua contoh yang nyata. Sugar Ray Leonard yang terancam buta dan Evander Holyfield yang bermasalah dengan jantungnya, diminta untuk berhenti, tapi melawan, keduanya selamat hingga pensiun.

Namun niatnya itu tidak disambut oleh timnya. Mereka tentu tidak ingin mengambil resiko. Maka, bukan enam bulan, Thurman diminta istirahat total lebih dari sembilan bulan. Maka tahun 2023 menjadi tahun yang kosong bagi Thurman.

“Anda tidak boleh bicara saya PHK,” katanya pada beberapa media yang sempat menulis dia pasti berhenti permanen.

Menurut CBSsports.com, tekad Thurman membungkam para pengeritiknya demikian besar. Maka, meski saat itu belum ada tawaran, sejak awal Ferbruari 2024, mantan juara dunia di dua kelas berbeda itu langsung bersiap-siap secara luar biasa.

Sebelum menekuni dunia tinju, saat masih menjadi mahasiswa, Thurman adalam pemain sepakbola. Ia merupakan pemain gelandang, meski tidak sehebat Shawn Porter yang kemudian juga sukses di dunia tinju, Thurman sempat merasakan timnya menjadi juara.

Thurman berhenti bermain bola karena diakui atau tidak, ia kalah bersaing dengan gelang lain. Seperti ia katakan di BoxingFN, Thurman merasa tidak pantas duduk di bangku cadangan.

Lalu, bagaimana laganya melawan Tim Tszyu? Menurut Porter, Thurman belum kembali dalam penampilan terbaiknya. “Saya pegang Tszyu,” tulas mantan juara dunia kelas Welter IBF dan WBC itu.

Untuk pembuktiannya, jangan lewatkan laga live di tvone, akhir Maret 2024 nanti. (M Nigara, wartawan senior, komentator tinju tvone)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *