MUI Kota Bekasi Sosialisasikan Hasil Raker Pada MUI Kecamatan

MUI117 Dilihat

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menggelar sosialisasi hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang sudah diselenggarakan di Wisma Kemenag Kabupaten Bogor pada Rabu-Kamis (1-2/05/2024). Sosialisasi ini turut mengundang ketua atau perwakilan komisi-komisi dan ketua atau perwakilan MUI Kecamatan se kota Bekasi yang diselenggarakan di ruang rapat kantor MUI Kota Bekasi pada Kamis (14/05/2024).

Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh H Nurhakim. Hadir pula dalam kegiatan sosialisasi ini dewan pengurus harian MUI Kota Bekasi.

Selanjutnya yaitu pembacaan hasil Rakerda oleh Bendahara Umum MUI Kota Bekasi Alit Jamaludin. Di mana menerima semua saran yang disampaikan Anggota Dewan Pertimbangan MUI Kota Bekasi termasuk ide dan gagasan-gagasan yang bisa mengembangkan program MUI Kota Bekasi yang disampaikan KH Khudori Thohir, KH Hasan Juweni, dan KH Acep Basuni.

Selain itu, menerima semua saran yang disampaikan para Ketua Bidang MUI Kota Bekasi dengan program-programnya dengan segala catatan dan perbaikan yang telah disepakati.

Kemudian, akan menindaklanjuti agenda pembinaan di Lapas Bulak Kapal Bekasi dan
membuat video-video yang berkaitan dengan isu-isu pemurtadan dan yang memojokkan ke-Islaman serta video tentang fatwa MUI Kota Bekasi kerjasama dengan MUI TV Kota Bekasi.

Dan MUI Kota Bekasi akan mengadakan Gebyar Pekan Muharram 1426 yang diketuai Ust H Ahmad Yani. Selanjutnya, akan mengusulkan ke Pemda Kota Bekasi (kepada para calon Walikota Bekasi dan kepada siapa saja yang terkait) agar sertifikat halal MUI, dapat dibuat atau diterbitkan oleh MUI Kota Bekasi. Dan diupayakan adanya Perwal Kota Bekasi.

Terakhir, MUI Kota Bekasi yang akan datang perlu mengkaji dan mempertimbangkan terbentuknya MUI Mart di Kota Bekasi.

Ketua Umum MUI Kota Bekasi KH Mir’an Syamsuri menyampaikan berita bahagia bahwa MUI Kecamatan mendapatkan cipratan dana hibah dari pemerintah kota Bekasi. Telah disiapkan Rp600 juta untuk dibagikan ke MUI Kecamatan.

“Diharapkan dengan membuat rencana program melalui proposal setiap kecamatan,” ujar Mir’an dalam sambutannya.

Selanjutnya yaitu pemaparan program-program unggulan MUI Kota Bekasi oleh sekretaris umum H Hasnul Kholid Pasaribu. Hasnul mengatakan, tahun ini ada program baru yaitu LPKU dan juga ada lembaga baru yaitu lembaga dakwah khusus.

Sudah ada beberapa lembaga di MUI Kota Bekasi yaitu lembaga pendidikan kader ulama (LPKU), lembaga MUI TV Kota Bekasi, lembaga dakwah khusus. Hasnul juga meminta untuk menyeragamkan format pelaporan MUI Kecamatan untuk diserahkan ke Pemkot Bekasi.

Selanjutnya yaitu penyampaian program-program yang sudah dibuat ketua-ketua komisi atau ketua lembaga. Beberapa Kyai yang menyampaikan yaitu KH Abu Deedat, KH Budiarjo, KH Abu Bakar, dan KH Jamalulail. Diakhiri dengan ditetapkan rapat lanjutan untuk presentasi program-program yang dirancang MUI Kecamatan pada Selasa (21/05/2024). Kemudian ditutup dengan doa dan dilanjutkan acara makan siang bersama. (Amanda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *