Ini Harga Bahan Pokok di Pasar Baru Kota Bekasi Saat Menjelang Lebaran

Bekasi Kota681 Dilihat

MENJELANG Hari Raya Idul Fitri 1444 H biasanya harga bahan pokok di pasar melonjak naik. Kelangkaan barang atau ketersediaan terbatas menjadi alasan utama karena keperluan akan bahan pokok tersebut. Inilah yang terlihat pada Rabu (12/4/2023) di Pasar Baru Kota Bekasi.

Andri, seorang penjual sembako di Pasar Baru mengatakan harga bahan pokok tahun ini terlambat stabil. Untuk harga telur mengalami penurunan dari sebelumnya Rp30.000 menjadi Rp27.000. Walaupun seperti itu harga sembako mengalami kenaikan hingga Rp10.000.

Adapun beras mengalami kenaikan hingga Rp20.000/karung dan minyak curah masih dengan harganya yang stabil yaitu Rp16.000/ml.

Jack yang merupakan penjual sayuran mengatakan bahwa dagangannya banyak yang mengalami penurunan harga dari cabe hingga daun bawang. Tetapi harga tomat melonjak naik. Harga tomat sebelumnya Rp6.000 sekarang menjadi Rp10.000. Tahun lalu harga cabe mencapai hingga Rp100.000 tetapi tahun ini turun drastis hingga Rp35.000/kg.

“Alhamdulillah dagangan ini pada turun semua harga harga, cabe dan daun bawang lagi turun, cuma tomat aja nih yang lagi naik,” ujar Jack.
Jack menambahkan kalau ia bersyukur harga sayuran mengalami penurunan sehingga ia bisa mendapatkan lebih banyak pembeli.

“Alhamdulillah bersyukur kalau harga-harga pada turun, memang sih lumayan kalau harga turun penjual jadi banyak pembelinya. Tapi kalau lagi mahal gini ya dibilang lumayan ga lumayan, Cuma pembelinya berkurang,” lanjutnya.

Yuyun yang merupakan pembeli di Pasar Baru mengatakan bahwa ia berharap bahan-bahan sayuran dan bahan pokok lainnya mengalami penurunan harga kembali. Yuyun juga berharap kepada pemerintah untuk melihat orang-orang kecil sepertinya yang mana dia juga merupakan seorang pedagang sehingga kesusahan membeli bahan jualannya karena uangnya hanya pas untuk makan saja.

“Kalau bisa bayar diturunin gitu jangan terlalu mahal kan sekarang lagi susah yang belanja ya jarang gitu pembelinya, jarang, lagian mahal apalagi sayuran kalau bisa mah ya diturunin gitu, mudah-mudahan ke depannya ya lebih baik itu jangan sampai kayak gini udah punya uang nyari duit susah kan semuanya mah. Lihatlah orang yang kecil gitu kan kayak saya ini kan pedagang bisa beli segini tapi jualnya susah karena uangnya kan nggak ada. Minta sama pemerintah ya tolong bantu orang-orang yang kecil gitu seperti saya ini pedagang kecil,” jelas Yuyun.
Yuyun berharap harga sayuran dan bahan pokok mengalami penurunan sehingga ketika menjelang lebaran seperti sekarang ini ia dapat memberikan anak-anaknya yang masih kecil baju lebaran dan lain-lainnya.

“Mudah-mudahan pulihlah kembali itu telur mahal harganya, beras apalagi enggak kuat beli apalagi sekarang mau lebaran tuh cari uang susah buat belanja buat kebutuhan anak-anak yang apalagi kalau punya anak kecil beli baju beli segala macem kan,” lanjutnya. (Amanda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *