Kegiatan I’tikaf pada 10 Malam Terakhir di Masjid Adz-Dzikra Galaxi Kota Bekasi

Umum1694 Dilihat

SALAH  satu ibadah sunnah pada sepuluh malam terakhir Ramadhan adalah i’tikaf yaitu berdiam diri di dalam masjid. Ketika ber-i’tikaf pada malam lailatul qadr, maka akan mendapatkan pahala ibadah selama seribu bulan sesuai apa yang ia kerjakan saat malam itu.
Salah satu masjid yang menyediakan fasilitas untuk i’tikaf ialah masjd Adz-Dzikra Galaxy Kota Bekasi. Masjid Adz-Dzikra sudah melaksanakan i’tikaf dari tahun-tahun sebelumnya, tetapi pada saat Ramadhan yang bertepatan dengan pandemi virus corona dilakukan pendaftaran agar dapat membatasi yang hadir. Pada Ramadhan tahun ini, masjid Adz-Dzikra Galaxy membuka i’tikaf bagi siapa pun yang ingin melaksanakan ibadah tersebut.

Bagi yang ingin ber-i’tikaf dapat datang jam berapa pun, tidak ada persyaratan khusus bagi yang ingin melakukan ibadah ini. Dalam wawancara bersama Muhammad Ma’mun yang merupakan DKM Adz-Dzikra Galaxy mengatakan, yang terpentimg adalah harus suci dari hadats kecil dan besar, benar-benar niat untuk ber-i’tikaf dan tidak membuat kegaduhan.

Masjid Adz-Dzikra juga melaksanakan ibadah sholat qiyamul lail pada saat jam 02.00 WIB, dihimbau bagi peserta i’tikaf mengikuti sholat tersebut.

Muhammad Ma’mun mengatakan bahwa tidak disediakan makanan untuk sahur, tetapi masjid Adz-Dzikra menyediakan snack-snack, kopi, teh dan air mineral.

“Untuk i’tikaf ini kami hanya menyediakan snack dan air minum, kopi, teh dan lain lain. Kalau untuk makanan sahur tidak menyediakan, cuma setiap malam ada aja hamba Allah yang nyumbang berapa puluh gitu kan,” ungkap Muhammad Ma’mun.

Muhammad Ma’mun berharap semoga ghirah masyarakat yang tinggi pada saat Ramadhan dapat berdampak saat di luar Ramadhan agar terus meningkatkan kualitas ibadahnya. Ia pun juga senang melihat antusias masyarakat yang bersemangat dalam beribadah saat bulan suci Ramadhan ini. (Ivan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *