Donor Darah Penting Bagi Sesama dan Diri Sendiri

Umum1674 Dilihat

DONOR darah tidak hanya penting untuk kesehatan pribadi, tetapi sangat berguna untuk sesama yang sedang membutuhkan darah. Kegiatan ini dapat menimbulkan rasa kemanusiaan.

Salah satu cara untuk donor darah adalah dengan datang ke Palang Merah Indonesia (PMI). Hal yang dilakukan jika telah sampai di PMI adalah melakukan pengisian formulir, lalu berikan kepada admin yang bertugas menginput data dan dilakukan screening.

Apabila pendonor lolos setelah melakukan screening, dilanjutkan dengan pengambilan darah. Bagi yang berhasil untuk pengambilan data, maka akan diberikan goodie bag yang berisi snack.

Salsa Nabilla yang merupakan humas dari PMI Kota Bekasi mengatakan, calon pendonor yang tidak lolos screening dikarenakan HB-nya kurang dari standar dan kondisi yang kurang fit.

“Ada beberapa calon pendonor yang mungkin tidak lolos saat screening, biasanya karena HB-nya kurang dari standar dan keadaan yang kurang fit,” kata Salsa.

Stok darah yang biasanya mengalami kekurangan adalah A dan AB, karena pendonor didominasi dengan golongan darah O. Bagi pendonor sukarela dapat langsung mendatangi Unit Donor Darah (UDD) PMI lalu melakukan prosedur yang berlaku. Jika ada pasien yang membutuhkan darah apabila stok darah masih tersedia di PMI maka pihak rumah sakit dapat mendatangi PMI dengan membawa surat permintaan darah lalu akan diproses oleh admin PMI.

Namun bila stok darah di PMI habis maka pihak rumah sakit menginformasikan bahwa stok darah sedang habis dan keluarga pasien dapat mencari pendonor darah sesuai dengan golongan darah pasien kemudian datang ke PMI untuk mendonorkan darah.

Tidak dipungut biaya apapun bagi yang melakukan donor sukarela, bahkan dapat memanggil PMI ke tempat pendonor darah tanpa dipungut biaya dengan menghubungi humas P2D2S PMI dengan syarat minimal pendonor 50 orang. Pendonor yang memanggil PMI juga harus menyediakan ruangan yang bersih, nyaman dan memiliki pendingin suhu ruangan, meja, kursi dan stop kontak.

Pendonor darah bisa mendapatkan reward berupa pin dan piagam yang dapat diclaim pada donor yang ke-10, 25, 50, dan 100. Donor darah juga mempunyai manfaat untuk kesehatan dan dapat menjaga tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker, ginjal dan lain-lain. Yang paling terpenting donor darah dapat membantu sesama.

“Donor darah mempunyai manfaat agar tubuh menjadi fit, juga menjaga dari penyakit berbahaya seperti kanker, ginjal dan lain-lain, yang paling terpenting bisa membantu sesama, karena setetes darah kita itu berarti bagi mereka,” ungkap Salsa.

Salsa berharap bagi calon pendonor lebih antusias dan masyarakat lebih aware tentang donor darah dikarenakan yang dapat memenuhi stok darah adalah masyarakat yang mau sukarela mendonorkan darahnya. (Ivan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *