Perbedaan Galon PET dan BPA, Manakah yang Lebih Aman?

Umum2865 Dilihat

GALON polyethylene terephthalate (PET) merupakan galon dengan menggunakan bahan plastik resin poliester. Resin poliester sendiri juga dikenal dengan beberapa sifat unggulnya dalam segi mekanis, termal, dan juga resisten terhadap zat kimia.

Contoh galon dengan menggunakan bahan PET. PET merupakan bahan yang tidak tembus gas dan air, ciri-cirinya yaitu berwarna bening atau transparan, banyak juga digunakan pada botol-botol minuman, botol kemasan air mineral, dan kemasan makanan lainnya,

Disarankan untuk bahan ini hanya di gunakan cukup satu kali saja.

Galon PBA
Galon PBA adalah galon yang terbuat dari bahan “Bisfenol A” ,merupakan bahan kimia yang telah digunakan selama lebih dari 40 tahun dalam pembuatan plastik polikarbonat (PC) dan resin epoksi.

Dikutip dari suara.com berikut beberapa ciri-ciri Galon yang menggunakan bahan PBA.

1. Tidak ada keterangan bahan pada galon air.
Salah satu syarat untuk material plastik pada perusahaan AMDK yakni harus menuliskan keterangan bahan apa saja yang digunakan pada air galon. Jika tidak ada keterangan bahannya, ada kemungkinan galon air tersebut mengandung BPA.

2. Tidak ada angka pada bagian bawah galon air. Pada air galon terdapat angka pada bagian bawah. Biasanya ada angka pada bagian bawah galon air, misalnya angka 1, lalu ada circle-nya atau angka 2, yang mana ini menunjukkan bahannya. Sedangkan pada polikarbonat ada pada nomor 7, Jika jika tidak ada keterangan angka pada bagian bawah air galon, kemungkinan galon air tersebut mengandung BPA. (Cika, Zahra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *