Macet Akhir Pekan di Kawasan Puncak, Warga Dihimbau Jaga Ketertiban

Umum1157 Dilihat

KEMACETAN cukup panjang kembali terjadi di kawasan Puncak Bogor di akhir pekan. Kepadatan lalu lintas tersebut terjadi di akhir pekan pada Minggu (5/11/2023) mengingat kawasan Puncak Bogor adalah objek wisata yang cukup populer untuk dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya. Banyaknya warga ibu kota yang mengunjungi kawasan tersebut yang menyebabkan kepadatan sehingga membuat kemacetan yang cukup panjang.

Apalagi mengingat pada tanggal tersebut bertepatan dengan hari Minggu yang merupakan arus pulang para warga untuk kembali ke rumah masing-masing. Setidaknya 80% kemacetan tersebut terjadi pada arus turun/arus balik. Penerapan sistem buka tutup jalan atau oneway tidak berpengaruh terhadap ramainya pengunjung yang datang.

Kemacetan tersebut terjadi sejak pukul 12.30 WIB yang dimulai dari Puncak Pass sampai gerbang tol. Kemacetan tersebut berlanjut hingga tol lingkar luar. Di tengah kepadatan jalan raya terlihat juga para pedagang menjajakan dagangannya di tengah jalan. Ada pedagang rujak bebek, tahu sumedang, kacang rebus, pisang hingga gemblong ketan yang dapat dipilih sebagai cemilan di kala macet.

Lewat dari simpang Gadog jalan raya Puncak relatif cukup lancar kendati juga masih padat merayap di beberapa titik. Bagi traveler yang ingin berwisata ke Puncak, jangan lupa siapkan pembekalan hingga stamina untuk menghadapi kemacetan. Antrean kendaraan sebagian besar terjadi di persimpangan seperti di simpang Gadog, simpang Mega Mendung, atau simpang Pasar Cisarua

Juga beberapa tempat wisata seperti Cimory Megamendung, Taman Safari Cisarua, Warung Kaleng, dan Masjid Atta’awun Puncak. Pengguna jalan pun dihimbau untuk selalu mengutamakan ketertiban dan keselamatan saat berkendara di jalan. Sistem ganjil genap ini diberlakukan untuk meminimalisir volume kendaraan yang akan masuk ke jalur Puncak.

Pemberlakuan sistem buka tutup jalan atau oneway sudah lama diterapkan namun tak kunjung mengurangi kemacetan yang terjadi dari bulan ke bulan, bahkan tahun ke tahun. Kepada pengendara yang berencana liburan ke kawasan Puncak atau melintasinya, dihimbau untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan mematuhi aturan serta petugas di lapangan.

Selain itu, waspadai titik-titik yang menjadi rawan bencana. Sebab, kondisi cuaca di kawasan Puncak kini sedang tidak menentu.(Dio Jidan Ramadhan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *