RESENSI BUKU FORGIVE TO FORGET

Umum1016 Dilihat

Identitas buku
Judul buku : Forgive To Forget
Pengarang : Daisy Ann
Tahun terbit : April-2015
Penerbit : PT Gramedia Widiasarana Jakarta
Tebal Halaman : 280 halaman
Panjang buku : 18,5 cm
Lebar buku : 12,5 cm
Berat buku : 500 gr
No ISBN : 9786022517771

Sinopsis Buku 
Ada kenangan yang tak menyenangkan. Bagi Gio. Surabaya memberinya kenangan yang menyedihkan. Ada kenangan tentang ibundanya, juga kenangan enam tahun lalu tentang seseorang yang kehilangan nyawa tepat di depan matanya. Namun pekerjaan memaksa lelaki itu untuk kembali ke kota kelahirannya. Bagi Clarissa, kenangan terakhirnya tentang Glenn selalu membuatnya terpuruk. Perempuan itu menenggelamkan dirinya dalam lautan pekerjaan, melupakan urusan hatinya sendiri. Gio seolah membantunya dengan tumpukan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Namun seringkali, kenangan pahit tak semudah itu dilupakan, terutama ketika hati terasa sulit memaafkan. Mana yang lebih berat,Memaafkan orang lain atau memaafkan diri sendiri? Namun juga berapa lama kenangan menyakitkan itu harus dibawa. “Because sometimes the matter is how long you can take it.”

Resensi Buku 
Novel ini bergenre romance karya Daisy Ann, Forgive to forget. Ini bermakna ‘memaafkan dan melupakan’. Manusia susah untuk memaafkan kesalahan orang lain, ditambah lagi melupakan kesalahan itu. Tapi di buku ini, akan diceritakan perjuangan Gio dan Clarissa yang berusaha ‘forgive to forget’ masa lalu mereka. Kedua orang yang memiliki kenangan buruk tentang kota Surabaya yang kemudian berusaha untuk melupakan kejadian-kejadian buruk dalam hidup mereka, belajar memaafkan apa yang menurut mereka menjadi alasan mereka membenci Surabaya, bersama-sama.

Kelebihan Buku
Novel ini sangat memberikan kesempatan pada pembaca untuk merenung tentang arti sebuah kata maaf, yang tidak hanya besar pengaruhnya untuk mereka yang menyakiti, tetapi juga untuk yang tersakiti. Karena selalu ada alasan di balik sebuah perbuatan. Baik ataupun buruk. Juga menunjukkan bahwa takdir bisa berjalan seindah masak bersama diselingi letupan-letupan cinta yang berjatuhan, ataupun ke pasar malam berdua dengan aroma cinta yang semanis gulali.

Kelemahan Buku
Garis besar ceritanya gampang ditebak tapi banyak plot twist jadi ngga gitu boring di akhir-akhir buku. Typical romance novel yang umum sih, karna banyak plot twist jadi sedikit spesial

Kesimpulan Buku 
Memaafkan untuk melupakan, mungkin bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Memaafkan kesalahan orang lain lalu melupakannya, agar tiada waktu terbuang sia-sia yang kita habiskan untuk membenci orang lain. (Nurul Pitriyan, Mahasiswi Universitas Pelita Bangsa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *