Kota Bekasi Raih Peringkat 2 Kota Toleran se-Indonesia

Umum905 Dilihat

KOTA Bekasi sukses  meraih peringkat dua Kota Toleran se-Indonesia. Hal itu tak lepas dari peran FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) Kota Bekasi.

“Alhamdulillah ini sangat membanggakan. Keberhasilan ini tak lepas dari peran serta semua komponen masyarakat dan tokoh agama,” kata Ketua FKUB Kota Bekasi H Abdul Manan yang didampingi Sekretaris FKUB Kota Bekasi H Hasnul Kholid P di K0ta Bekasi, Selasa (30/1/2024).

Menurutnya, dengan peringkat nomor 2 (dua) Kota Bekasi sebagai Kota Toleran berarti naik peringkat, sebab sebelumnya peringat ketiga se- Indonesia.

Setara Institute merilis Indeks Kota Toleran 2023. Kota Singkawang di Kalimantan Barat mendapat skor tertinggi disusul Kota Bekasi di Jawa Barat.

SETARA menggunakan empat variabel dengan delapan indikator untuk menilai 94 kota di Indonesia. Variabel itu terdiri dari regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi agama.

Berikut ranking dan skor 10 kota toleran yang dipaparkan SETARA Institute.

1. Singkawang, Kalimantan Barat
2. Kota Bekasi, Jawa Barat
3. Salatiga, Jawa Tengah
4. Manado, Sulawesi Utara
5. Semarang, Jawa Tengah
6. Magelang, Jawa Tengah
7. Kediri, Jawa Timur
8. Sukabumi, Jawa Barat
9. Kupang, Nusa Tenggara Timur
10. Surakarta, Jawa Tengah

Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Ismail Hasani mengatakan, ada kriteria khusus yang membuat kota-kota tersebut masuk 10 kota toleransi.

“Kenapa terbaik? Karena melahirkan sebuah Perda yang membutuhkan tiga kolaborasi kepemimpinan, politik, sosial dan birokrasi. Dan ini sudah dicapai oleh salah satu kota dan ini adalah produk hukum pertama dalam bentuk Perda,” kata Ismail dalam sambutannya saat Launching & Penghargaan Indeks Kota Toleran 2023 di Grand Sahid.

Ismail juga memuji wali kota yang wilayahnya masuk kategori 10 kota toleran. Dia mengatakan wali kota yang hebat sejalan dengan kebijakan yang berpihak kepada warganya.

“Seorang wali kota itu tergambar dari kebijakan-kebijakannya, dan keberpihakannya,” ucapnya. (nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *