Wukuf di Arafah : Puncak dalam Perjalanan Ibadah Haji

Umum486 Dilihat

SETIAP tahun, jutaan umat Islam dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Mekah untuk menjalankan ibadah haji, salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi yang mampu. Dalam rangkaian ibadah haji, salah satu momen paling penting dan kesempurnaan ibadah haji yang menandai kebersamaan, pengampunan dan doa-doa yang tulus di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Wukuf di Arafah terjadi pada tanggal 09 Dzulhijjah, hari kedua dalam rangkaian ibadah haji. Arafah merupakan daerah terbuka dan luas di sebelah timur luar Kota Mekah. Momen ini mengingatkan umat Islam akan kisah Nabi Adam ‘alaihissalam dan Hawa yang dipertemukan kembali di tempat ini setelah dipisahkan dari surga. Di sinilah mereka memohon ampunan kepada Allah SWT.

Wukuf di Arafah memiliki banyak makna yang dalam. Salah satunya adalah sebagai penanda kesatuan umat Islam dari berbagai belahan dunia. Ketika jutaan jamaah haji berkumpul di Arafah, tak ada lagi perbedaan status sosial, kekayaan atau bangsa. Semua tunduk di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan rasa rendah diri yang mendalam.

Selama Wukuf di Arafah, para jamaah haji menghabiskan waktu dengan berdoa, berzikir dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Mereka berdiri di bawah terik mataharii, merasakan kebersamaan dan kerendahan hati di tengah kerumunan umat Islam dari berbagai latar belakang.

Aktivitas ini merupakan refleksi dari sikap Tawadhu’ atau kerendahan hati yang diajarkan dalam Islam. Jamaah haji menyadari bahwa di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, semua manusia sama dan kebesaran seseorang hanya dinilai dari ketakwaannya kepada-Nya.

Salah satu aspek penting dari Wukuf di Arafah adalah kesempatan untuk memohon pengampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan di masa lalu. Rasulullah Sholallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda, bahwa Wukuf di Arafah merupakan hari di mana Allah SWT menurunkan rahmat dan mengampuni dosa hamba-Nya sebanyak-banyaknya.

Kesempurnaan ibadah haji tidak hanya terletak pada melaksanakan rangkaian ritual dengan sempurna, tetapi juga dalam kesungguhan hati untuk bertaubat dan memperbaiki diri. Wukuf di Arafah menjadi momentum untuk merefleksikan diri, memperbaiki hubungan dengan sesama, dan memohon kepada Allah SWT agar diberi kesempatan untuk menjadi hamba yang lebih baik di masa mendatang.

Jangan ragu untuk menghubungi RH Tours. Kami siap membantu bapak/ibu dalam merencanakan perjalanan ibadah haji dengan penuh perhatian dan keahlian.

Penuhi Panggilan berhaji di tahun ini bersama RH Tours

ITINERARY:
https://muslimtravel.id/transaksi/paket-haji/detail/13/haji-furoda-premiere-2024

📞 *KONSULTASI & RESERVASI*
▪︎ Melinda 0822 1000 7655
▪︎ Devita 0819 500 7655
▪︎ Luthfi 0813 1112 7655
▪︎ Liza 0817 1717 7655. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *