DDII Kota Bekasi Ingatkan Jangan Berlebihan Cintai Harta

Umum224 Dilihat

SEBAGAI bagian dari rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan 1445 Hijriyah, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Kota Bekasi (Dewan Dakwah Kota Bekasi) pada Sabtu (30/3/2024), memberikan santunan kepada lebih dari 2000 orang. Para penerima santunan tersebut terdiri dari anak-anak yatim, kaum dhuafa, dan tuna netra binaan, serta pengurus dan simpatisan Dewan Dakwah.

Kegiatan yang diadakan di Pondok Ungu, Kota Bekasi tersebut dipimpin langsung  Ketua Dewan Dakwah Kota Bekasi, KH Ahmad Salimin Dani. Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat (ASDA II) Pemerintah Kota Bekasi, H Inayatullah yang juga sebagai Ketua ICMI Orda Kota Bekasi dan Calon Wali Kota Bekasi turut hadir di kesempatan tersebut.

Di dalam keterangannya kepada pers di sela-sela berlangsungnya acara santunan tersebut, Kiai Salimin Dani mengatakan, pemberian santunan itu adalah kegiatan yang sudah rutin mereka lakukan setiap pertengahan Ramadan. Di Ramadan tahun ini, acaranya juga berjalan lancar dan sukses. Ia menyebut, suksesnya acara tersebut tentu tak lepas dari kepercayaan donatur.

“Maka kita harus menjaga amanah yang dititipkan dari para donatur, berupa Zakat, Infaq, maupun Sodaqoh-nya kepada kita, untuk disampaikan kepada yang berhak menerima,” ucap Salimin Dani.

Ia melanjutkan, pihaknya juga kerap mengadakan pemberian santunan sebagai agenda kegiatan di luar Ramadhan. Hal itu agar silaturahmi di antara donatur dengan DDII/Dewan Dakwah Islamiyyah Indonesia Kota Bekasi sebagai penyalur, dan para jamaah dhuafa sebagai penerima santunan, tetap terjaga. Seraya mengutip Al Qur’an Surat Al-Fajr ayat 17-18, Salimin Dani pun menjelaskan, adalah kewajiban kaum muslimin yang memiliki harta berlebih untuk memuliakan anak-anak yatim dan memberi makan orang miskin.

Kyai Salimin Dani lantas mengingatkan agar kita tidak mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan. Ia mengingatkan hal itu dengan mengutip Surat Al-Fajr ayat 20.

“Janganlah kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan,” kata Salimin Dani mengingatkan, dengan mengutip ayat tersebut.

Sementara itu, Inayatullah mengapresiasi DDII Kota Bekasi atas penyelenggaraan kegiatan pemberian santunan tersebut. Menurut dia, DDII Kota Bekasi termasuk salah satu organisasi Islam yang memiliki kemandirian finansial yang bagus serta memiliki kemanfaatan bagi lingkungan dan masyarakat Kota Bekasi. Pihak pemerintah kota pun mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan itu.

“Jadi, apa yang sudah dilakukan DDII dengan kolaborasi berbagai stakeholder, menurut saya seharusnya bisa menginspirasi organisasi dan komunitas lain. Semoga Alloh selalu melimpahkan keberkahan untuk kita dan Kota Bekasi tercinta,” harap Inayatullah. (UAF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *