FKUB Kota Bekasi Hadiri Jalan Santai Keuskupan Agung Jakarta

Umum147 Dilihat

FORUM Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi menghadiri jalan santai kerukunan dan kebhinekaan lintas agama dalam rangka perayaan HUT 217 Keuskupan Agung Jakarta yang digelar di gereja Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga Paroki Katedral Jakarta Jl Katedral No 7B Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Tema yang diambil dalam kegiatan ini yaitu “Syukur 217 tahun KAJ Membangun Solidaritas dan Subsidiaritas Bersama Dalam Suasana Rukun dan Damai.” Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 11 Mei 2024 pukul 06.00 WIB.

Kegiatan jalan santai ini dihadiri para peserta dari perwakilan tokoh-tokoh lintas agama komunitas lintas agama serta umat Paroki se Keuskupan Agung Jakarta dan dibuka langsung oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta.

 

Hadir dalam acara ini Gubernur Daerah Khusus Jakarta yang dalam hal ini diwakili Wakil Walikota Jakarta Pusat, Imam Besar Masjid Istiqlal yang dalam hal ini diwakili Ketua Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Dirjen Bima Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia, ketua Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Khusus Jakarta, Ketua Majelis Agama atau yang mewakili, para Ketua FKUB Provinsi maupun Kota dan juga Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo beserta Romo Sekjen dan Romo Samuel Pangestu, serta para peserta jalan sehat 217 tahun Keuskupan Agung Jakarta.

Peserta yang turut berpartisipasi dalam acara ini yaitu sebanyak 3000 orang. Tidak hanya jalan sehat tetapi juga ada beberapa penampilan seni.

Para peserta dari FKUB Kota Bekasi berhasil mengirim 25 orang. Diantara 25 orang tersebut Ketua FKUB Kota Bekasi H Abdul Manan, Wakil Ketua KH Soekandar Ghazali, Sekretaris Buya H Hasnul Kholid, serta para peserta lainnya.

Saiful Rahmat Basuki selaku Wakil Menteri Qgama Kementerian Agama Republik Indonesia mengatakan selamat atas peringatan Keuskupan Agung Jakarta yang ke 217 tahun mudah-mudahan dengan adanya acara ini memperteguh kembali semangat kebersamaan, semangat toleransi, dan tentunya menjaga moderasi keberagaman negara.

“Dan olahraga ini adalah untuk kesehatan tapi yang terpenting dari hari ini adalah kita bangun kebersamaan, kita bangun solidaritas di antara kita untuk menjaga negara kita,” ujar Saiful dalam sambutannya.

Setelah selesai acara pembukaan dilanjut dengan jalan sehat yang dimulai dari Lapangan Parkir Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Paroki Katedral, Jakarta Pusat, menyusuri jalan Veteran, Medan Merdeka Utara, Jalan Perwira, mengitari Jalan Lapangan Banteng dan kembali ke halaman Gereja Katedral. Setelah selesai dari jalan sehat para peserta diberikan makan pagi dan penampilan seni lainnya. (Amanda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *