Gebyar Muharram Dimulai, Ketua MUI Kota Bekasi: Langkah Awal yang Sangat Baik

MUI283 Dilihat

MENGHITUNG hari menjelang tahun baru Islam 1446 H, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi juga Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi, menyelenggarakan Gebyar Muharram 1446 H. Rangkaian acara Gebyar Muharram diselenggarakan pada 4-6 Juli 2024, tepatnya pada hari ini, Kamis (4/7/2024) diselenggarakan pembukaan acara Gebyar Muharram di halaman Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi.

Acara pembukaan dimulai pukul 09.00 WIB. Rangkaian acara Gebyar Muharram 1446 H ini dibuka Pj Wali Kota Bekasi yang diwakilkan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bekasi sekaligus Ketua Pantia Gebyar Muharram KH Ahmad Yani.

Selain acara pembukaan, juga dilaksanakan Lomba Khattil Qur’an atau Kaligrafi, Lomba Musabaqoh Qirotul Kutub atau Kitab Kuning, dan Festival Hadroh.

KH Ahmad Yani selaku Ketua Panitia Gebyar Muharram mengatakan, ia sangat bersyukur walaupun acara ini termasuk perdana atau pertama kali dilakukan tetapi berkat pengalaman-pengalaman sebelumnya, akhirnya berjalan dengan baik.

“Gimana kegiatan ini walaupun kita perdana tapi Insya Allah pengalaman-pengalaman yang sudah dilaksanakan sebelumnya kita masih terangkat. Cuman ada tambahan-tambahan lomba dari pada tahun yang lalu. Memang lomba yang seperti ini belum diadakan sebelumnya dan hari ini kita pembukaan juga festival hadroh. Dan kita juga ada gebrakan, di mana bagi para peserta yang mendapatkan juara 1 akan mendapatkan hadiah yang cukup menggembirakan,” ujar Ahmad Yani.

KH Narwi Subandi Selaku Ketua DKM Masjid Agung Al-Barkah mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia juga berharap bahwa kegiatan ini menjadi titik awal untuk masyarakat Kota Bekasi yang dilaksanakan Pemerintah Kota Bekasi dan MUI Kota Bekasi.

“Pembukaan festival hadroh mungkin bukan hanya festival hadroh tetapi berbagai kegiatan mata lomba dalam rangka acara Gebyar Muharram 1446 Hijriyah diantaranya adalah festival hadroh pada pagi hari ini diikuti 12 Kecamatan Kota Bekasi dan luar biasanya pesertanya sampai tadi jam 06.00 sudah tiba dan yang kedua adalah lomba Khattil Qur’an atau kaligrafi pun diikuti 12 Kecamatan. Musabaqah Qirotul Kutub pun dilaksanakan di aula Masjid Agung Al Barkah. Saya pribadi sangat mengapresiasi pemerintah, MUI dan kita semua semoga langkah ini menjadi titik awal kita untuk melakukan terobosan tak lain dan tak bukan untuk masyarakat Kota Bekasi,” ujar Narwi Subandi.

KH. Mir’an Syamsuri selaku Ketua Umum MUI Kota Bekasi mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya Gebyar Muharram 1446 H. Ia juga mengatakan walaupun acara ini baru pertama kali diselenggarakan. Gebyar Muharram ini bisa terlaksana dengan baik. Tentu di sana-sini ada kekurangan, karena masih permulaan. Selanjutnya pada tahun-tahun ke depan, belajar dari pengalaman ini, insya Allah akan lebih baik, lebih maju, lebih siap bermartabat dan sangat memuaskan.

“Alhamdulillah sudah rahmat dan izin Allah MUI Kota Bekasi dapat melaksanakan dan Gebyar 1 Muharram 1446 H. Dan ini kita bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi dan DKM Masjid Agung Al Barkah. Ini merupakan langkah awal yang sangat baik. Tentu saja kita mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh komponen yang telah mendukung terlaksananya kegiatan Gebyar 1 Muharram 1446 Hijriyah mudah-mudahan jalan kita senantiasa dalam bimbingan Allah, ridho Allah, sehingga kita tetap sehat, semangat, dan sukses selalu,” ujar KH Mir’an Syamsuri. (Amanda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *