MUI Gebyar Muharram 1446 H Gelar Lomba Hadroh

Umum242 Dilihat

DALAM menyambut Bulan Muharram 1446H, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi bekerja sama dengan Pemerintah Bekasi dan Masjid Al Barkah Kota Bekasi  menggelar acara Gebyar Muharram 1446H, Kamis (4/7/2024). Acara ini bertempat di Plaza Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi.

Selain identik dengan bazar dengan berbagai banyak produk, MUI Gebyar Muharram 1446H juga dihiasi dengan berbagai macam lomba. Salah satunya adalah lomba hadroh yang diikuti para pemuda di sekitar Kota Bekasi.

Lomba ini diwakili 12 kecamatan di Kota Bekasi. Salah satunya, Ibnu dari tim hadroh Tarbi’atul Jannah dari kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi. Ia menjelaskan persiapan untuk mengikuti lomba hadroh tersebut sudah cukup matang. Persiapan tim hadroh Tarbi’atul Jannah membutuhkan waktu satu malam saja.

 

”Persiapan kita Insya Allah cukup matang, dari pergerakan hadrohnya dan untuk vokalisnya juga mengisi suara yang lumayan untuk dilatih juga supaya saat diatas panggung tidak fals, persiapannya kemungkinan satu malam doang dan besoknya tampil karena kita dikasih tahunya mendadak, harapannya untuk tim hadroh saya mau juara atau engga atas izin Allah tapi kita berharapnya juara apapun hasilnya in syaa Allah berkah. Tujuan dan motivasi kita semoga aja anak muda yang seperti sekarang engga ke layar hp jadi masih melestarikan adat adat islam yang pada jaman dahulu,” ujar Ibnu.

Ibnu juga melanjutkan bahwa tujuan dan motivasi tim hadroh Tabi’atul Jannah ini adalah agar anak muda seperti sekarang tidak kecanduan gadget. Dan mengembangkan serta melestarikan adat islam.

Ada beberapa kriteria yang dilihat untuk memenangkan lomba ini, mulai dari suara, musik, penampilan, teknik, adab, sopan santun dan penjiwaan. Lagu wajib yang diikuti peserta dapat memilih satu lagu wajib yang sudah ditentukan panitia diantaranya, man anna, yaa habibal qolbi, ahmad ya habibi, yaa laa syauqi, isyfa’ lana, dzoharoddinul mu’ayyad, busyro lana, sholatun bissalami mubin.

”Persiapan kami yaitu cara bermain anak anak, terus juga variasinya anak-anak serta pukulan rebananya anak- anak sama mental diri mereka sendiri, persiapannya kemarin kita satu hari. Tujuan kita buat membawa ama baik dari kelurahan juga, kecamatan, kampung kita sendiri, khususnya kampung pandawa RW 06,” ujar Bang Ojan, peserta lain lomba hadroh. (Fatimatuz Zahra,  siswa magang SMK Bina Husada Mandiri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *