RS Anna Medika Lakukan Pembohongan Pembayaran Jamsostek, Gaji Karyawan Jauh di Bawah UMR

by -860 views

RUMAH Sakit Anna Medika yang beralamat di Perjuangan 45 Kota Bekasi diduga menyimpan berbagai masalah. Salah satunya adalah terkait gaji karyawan yang dilaporkan ke Jamsostek Ketenagakerjaan Kota Bekasi.

Dalam laporan yang diterima redaksi Koran Bekasi, ada perbedaan antara yang dilaporkan ke Jamsostek dan gaji karyawan sesungguhnya. Dalam laporan diketenagakerjaan Kota Bekasi, gaji karyawan disebutkan sebesar Rp4,7 juta. Padahal, gaji pokok sesungguhnya rata-rata karyawan di rumah sakit ternama itu hanyalah sebesar Rp1,8 juta.


Ironisnya lagi, pada akhir September lalu, satu persatu karyawan diundang ke ruangan direktur untuk menandatangani surat perjanjian di atas meterai yang intinya agar karyawan menyetujui besaran gaji mereka di bawah UMR tersebut.
Namun rupanya, hingga Kamis lalu baru sekitar 50 karyawan yang menyetujuinya, sedangkan lebih 200 karyawawan lainnya menolak. Bagi yang bersedia menandatangani surat perjanjian itu, manajemen rumah sakit memberi uang sebesar Rp100. 000.
Sedangkan yang memanggil karyawan agar ke ruangan direktur adalah Manajer HRD bernama Rahmat.
“Katanya untuk melengkapi surat dari UPTD Pengawasan Disnaker Provinsi di Karawang. Kami tidak yakin kalau urusan gaji di bawah UMR adalah atas saran dari UPTD Pengawasan Karawang. Kami menolak, tapi tetap saja dipanggil. Itu sebabnya surat perjanjian belum selesai ditandatangani karyawan makanya belum dikirim berkasnya dari Kamis lalu, ” ujar salah seorang karyawan yang enggan disebutkan identitasnya.
Sementara Rahmat yang dihubungi sejak Sabtu (9/10/2021) hingga Senin (11/10/2021) siang, tetap belum memberikan jawaban. WA dan SMS yang dikirim via HP-nya belum dijawab. (zas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.