Dinakhodai Plt Walikota Bekasi, KONI Kota Bekasi Nyaris tak Ikut Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Opini2351 Dilihat

Umbul-umbul baru terpasang pada Selasa (15/8/2023) malam

 

SETIAP tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Tak terkecuali siapapun orangnya, bangsa Indonesia wajib hukumnya merayakannya.

Maka tak heran, jika selama bulan Agustus seluruh masyarakat dihimbau untuk melakukan pemasangan bendera merah putih di rumahnya masing-masing. Dan himbauan itu tertuang berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor: B-523/M/S/TU.00.04/06/2023, tema pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Masyarakat dihimbau untuk memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho, dan hiasan lainnya.

Poin yang tak kalah penting dalam surat edaran tersebut yakni tentang pengibaran Bendera Merah Putih selama satu bulan penuh, terhitung  mulai dari 1 Agustus 2023.

Tapi, siapa sangka kalau KONI Kota Bekasi nyaris saja tak ikut merayakan hari jadi negeri tercinta ini? Nyaris saja abai terhadap SE Mensesneg tersebut. Padahal, Ketua KONI Kota Bekasi adalah orang nomor satu di Kota Bekasi yaitu Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto.

Coba lihat dan simak apa yang dikatakan Tri Adhianto dalam pesan kemerdekaan yang secara digital terpasang di billboard pintu gerbang Harapan Indah yang cukup lebar. Seolah berbanding terbalik dengan Tri Adhianto yang ada di KONI Kota Bekasi.

Hingga 15 Agustus 2023 belum ada pemasangan umbul-umbul di gedung KONI Kota Bekasi

Buktinya, dari tanggal 1, 2, 3, hingga 15 Agustus 2023, gedung KONI Kota Bekasi tak menunjukkan adanya pergerakan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI. Tak ada pemasangan umbul-umbul. Tak ada pemasangan bendera. Sepi senyap, seolah tidak ada apa-apa. Padahal, ada belasan kepala dinas yang masuk jajaran pengurus, ditambah sejumlah ASN hebat lainnya. Anehnya, kok gedung KONI Kota Bekasi seperti gedung yang sudah mati suri?

Padahal, hal seperti ini tidak pernah terjadi di kepengurusan KONI Kota Bekasi sebelumnya. Dan biasanya, tanpa instruksi dari manapun, selama sebulan penuh gedung KONI Kota Bekasi semarak dengan umbul-umbul Merah Putih dan pemasangan bendera Merah Putih di jelang pintu masuk gedung.

Bekas tiang bendera yang diruntuhkan di depan pintu masuk gedung KONI Kota Bekasi

Entah ingin meninggalkan jejak kepengurusan yang lama, begitu Tri Adhianto terpilih menakhodai KONI Kota Bekasi, langkah pertama adalah meruntuhkan tiang bendera bersejarah itu dan hilang entah kemana. Alhasil, begitu jelang 17 Agustus 2023 semua kebingungan mau dipasang di mana  bendera Merah Putih.

Ya, untunglah, Selasa (15/8/2023) malam, wajah KONI Kota Bekasi terselamatkan. Sejumlah orang terburu-buru memasang umbul-umbul, walau hanya terpasang di pintu masuk gedung KONI Kota Bekasi dan lebih layak disebut umbul saja. Bendera? Akhirnya tiang bendera dipasang ala kadarnya di trotoar dekat pohon tempat duduk-duduk warga yang datang. Maka, bendera Merah Putih pun dikibarkan. Naudzubillahiminzalik.

Semoga saja ke depan prestasi atlet olahraga yang berada di bawah naungan KONI Kota Bekasi bisa lebih baik, dan tidak terulang seperti ini. Apalagi, KONI Kota Bekasi menaungi 57 cabang olahraga, bukan hanya satu cabang, cabor non prioritas lagi namanya. (Zulkarnain Alregar/Wartawan/Pengamat Olahraga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *