Solusi Air Bersih, PDAM Tirta Patriot Relokasi ke Air Kalimalang dengan Biaya Rp35 M

Bekasi Kota717 Dilihat

PERUMDA PDAM Tirta Patriot melaunching Perencanaan Pemindahan Intake Air Baku Perumda Tirta Patriot Kota Bekasi, Senin (18/9/2023). Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir Diana Kusumastuti mengungkapkan bahwa cakupan pelayanan air bersih di wilayah Kota Bekasi masih jauh dari target, dengan hanya mencapai 26 hingga 29 persen dari kebutuhan 50 persen.

Sehingga, Perumda Tirta Patriot melakukan relokasi air baku dari Kali Bekasi ke Kalimalang. Langkah tersebut dilakukan karena pencemaran Kali Bekasi yang terus terjadi dan belum ada solusi permanen terkait penanganannya.

“Pembangunan pipanisasi milik Perumda Tirta Patriot ini demi meningkatkan kualitas air bersih bagi pelanggan di wilayah Kota Bekasi,” ujar Walikota Bekasi Tri Adhianto.

Proyek yang menelan investasi hingga Rp35 miliar ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas air minum di Kota Bekasi yang cakupannya baru mencapai 4,18 persen dari total pelanggan.

“Upaya pemindahan pipanisasi ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan air bersih bagi warga Kota Bekasi, mendekati target yang lebih memadai,” timpal Diana.

Sementara Direktur Utama Perumda Tirta Patriot, Ali Imam Fariadi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut adalah bagian dari sejarah panjang Perumda Tirta Patriot.
Dikatakan bahwa limbah yang terjadi Kali Bekasi terus menerus tanpa ada solusi setiap tahunnnya. Peralihan ini diresmikan di Saluran Irigasi Palanta, Jalan Veteran, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. ( Arini, Manda, Navila, dan Shinta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *