MUI Kota Padang Terus Tingkatkan Toleransi Umat Beragama

Umum1148 Dilihat

SUASANA berbeda saat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi berkunjung ke MUI Kota Padang, Selasa (3/10/2023) atau 17 Rabiul Awal 1445 H. Kali ini MUI Kota Bekasi disambut langsung di kediaman Walikota Padang Hendri Sapta. Namun, Walikota Padang tidak hadir dan diwakili Puji Astomi selaku Kadis Kesra Kota Padang.

Ketua MUI Kota Padang Japeri Jarab mengatakan acara ini dilakukan di rumah dinas walikota hanya untuk acara-acara khusus seperti kunjungan MUI Kota Bekasi.

“Jumlah penduduk Kota Padang 900 lebih dan 98% beragama Islam. Kerukunan antar umat beragama alhamdulillah tidak ada gesekan apapun. Umat agama di luar Islam bebas di Padang sepanjang sesuai ketentuan undang-undang. Demikian juga nama-nama kampung di sini, ada Kampung Nias, Kampung Cina, Kampung Jawa dan lainnya. Inilah toleransi di Padang, yang penting tidak mengganggu adat istiadat Padang,” ujar Japeri dalam sambutannya.

Keistimewaan Kota Padang juga karena adanya empat muara mata air. Hal lainnya, kata Japeri adalah pantun-pantun pengajian dan belajar mengaji di semua sekolah, minimal hapal juz 30 untuk anak kelas enam SD. Kemudian memberi honorer kepada para guru ngaji, bantuan masjid Rp15 juta dan mushala Rp10 juta setiap bulannya. Ada juga Jumat keliling dan berbagai kegiatan Islam lainnya.

“Kita juga membangun berbagai ke sekolah agama, di sini ada 11 kecamatan dan Alhamdulillah sudah ada sekolah agama di semua kecamatan. Dan bahkan sudah ada AC dan listrik di semua sekolah agama. Kemudian mendorong toleransi antar umat beragama,” jelasnya.Puji Astomi melanjuti apa yang disampaikan Ketua MUI Kota Padang menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik kunjungan MUI Kota Bekasi kali ini. “Cukup banyak ulama Kota Padang yang dilahirkan dari bumi Kota Padang, salah satunya ketua MUI Kota Padang sekarang ini. Kita dan MUI Kota Padang bisa meminimalisir adanya berbagai gesekan di Kota Padang, seperti dengan Cina dan orang Keling India,” jelasnya.

Sedangkan Wakil Ketua MUI Kota Bekasi KH Sukandar Ghazali memaparkan mengenai berbagai keunggulan program MUI Kota Bekasi seperti PKU (Pendidikan Kader Ulama), kristologi, mualaf, dan MUI TV Kota Bekasi. (zas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *