Derita Palestina Bagian Dari Nafas Kepentingan Umat Islam; DKM Al Ikhlas Kurban 5 Sapi dan 25 Kambing

Umum184 Dilihat

KEBIADABAN Israel terhadap penduduk Gaza mengundang reaksi keras umat Islam seluruh dunia. Umat Islam memiliki sejarah dan kepentingan terhadap tanah Palestina, sebagai tanah kelahiran para Ambiya.

Demikian disampaikan Ustadz Abdul Salam dalam khutbah Sholat Ied Adha di DKM Al Ikhlas Perumahan VGH Kelurahan Bahagia Ujung Harapan Bekasi, Senin (17/6/2024) pukul 07.00.

Abdul Salam menegaskan persoalan tanah Palestina juga menjadi urusan umat Islam, karena didalamnya ada Masjidil Al Aqsa yang menjadi kiblat kedua umat Islam.

Masjid Al Aqsha tertera dalam surat Al Isra Ayat 1 yang artinya : “Mahasuci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada malam hari, dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran kami, sesungguhnya Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Melihat,” ujarnya.

Masjid Al Aqsa, menurut Abdul Salam memiliki aspek sejarah bagi kaum muslimin dan merupakan nafas bagi kepentingan umat Islam.

Selanjutnya Abdul Salam mengingatkan pelajaran penting dari kisah Nabi Ibrahim dan pelaksanaan Ied Adha adalah kita sebagai umat Islam harus tabah dan terus berikhtiar dalam menjalankan kehidupan, sebagaimana terefleksi kisah Safa dan Marwah.

“Nabi Ibrahim memiliki karakteristik open mind, dialogis ketika menyampaikan perintah menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Dia mengedepankan komunikasi terhadap anaknya, ini juga menjadi pelajaran tauladan orang tua kepada anaknya,” ungkap guru MAN 1 Kota Bekasi ini.

Dan ketiga, kata Dosen STAI Attaqwa Bekasi ibadah haji dan Ied Adha adalah ibadah yang penuh syarat pergerakan, atau moving. Perjalanan Safa dan Marwah, tawaf, dan lain-lain.

Sementara itu Ustadz Kristono selaku Ketua RW 046 menyambut bahagia antusias warga dan jamaah seputar RW 046 dalam menyambut pelaksanaan sholat Ied Adha.

“Selain kegiatan Sholat Ied Adha dan Ied Fitri, antusias jamaah dan warga RW 04 terhadap kegiatan keagamaan cukup tinggi,” katanya.

Di setiap RT, ungkap Ustadz Kristono ada majelis taklim RT yang selalu dihadiri dan diminati warga dan jamaah pengajian masing-masing RT.

“Kami senantiasa menghadirkan kegiatan yang bernuansa keagamaan dan sosial, agar terbentuk warga yang guyub,” tandasnya.

Ketua DKM Al Ikhlas Ustadz Syamsul Burhan menyambut gembira pelaksana Ied Adha tahun ini mengingat jamaah cukup banyak dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan Ied.

“Alhamdulillah tahun ini DKM Al Ikhlas dan warga RW 046 mengumpulkan hewan qurban sebanyak 5 ekor sapi dan 25 ekor kambing, dan sejak semalam pengurus dan jamaah bahu membahu menyiapkan pelaksanaan sholat Ied dan penyembelihan hewan kurban,” ujarnya.

DKM Al Ikhlas juga menyelenggarakan tabungan hewan qurban yang bisa diikuti oleh seluruh jamaah Al Ikhlas dan RW. DKM Al-Ikhlas yang berada di perumahan VGH Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Ujung Harapan Bekasi memiliki program kegiatan yang mencakup kegiatan ibu-ibu, remaja dan anak-anak.

Program tersebut diantaranya Majelis Taklim Ibu Ibu (MGKI), Kegiatan Remaja (Risma), Penyelenggara PAUD, Talim Bada Subuh setiap Ahad pagi dan Kajian Tafsir setiap malam Ahad.(Banu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *