Lomba Khattil Al Quran di Gebyar Muharram Kota Bekasi

Umum189 Dilihat

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi sukses melaksanakan Gebyar Muharam 1446 Hijriah hari pertama pada Kamis (4/7/2024), yang diselenggarakan di Plaza Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi. Pada kegiatan ini banyak lomba yang diselenggarakan, di antaranya Lomba Khattil Quran, kitab kuning, dan Festival hadroh. Banyak peserta yang ikut berpartisipasi, mereka berasal dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi.

Salah satu perlombaan yang diadakan Gebyar Muharam 1446 Hijriah itu adalah Khattil Quran. Juri pada perlombaan ini yaitu Dr KH Nachrawi Subandi dan KH Ahmad MM.  “Sejauh mana kita lihat, sejauh mana minat dan bakat masyarakat yang ada di Kota Bekasi, karena kedepannya nanti kitab bisa lihat untuk menjadi kontestan mewakili perwakilan Kota Bekasi di ajang tingkat Provinsi dan Nasional,” ujar Nachrawi.

“Yang pertama dinilai adalah kaidah tulisan, kemudian kerapihan, kemudian juga dari hiasan / keindahan yang ada dan Alhamdulillah ini kita memang mengutus seperti hadroh, itu satu kecamatan, ada 2 utusan , berarti 24, tetapi untuk kaligrafi ini diikuti sekitar 16 orang . Pesan untuk peserta terus belajar, terus berprestasi, karena ajang Muharram ini bukan hanya pergantian tahun saja, tetapi ada semacam satu pelajaran, menjadi berprestasi untuk Kota Bekasi,” lanjutnya.

Lomba Khattil Quran dilaksanakan di Masjid Agung Al Barkah lantai 2 pada pukul 10.20 sampai 16.00, yang dikuti sembilan peserta dari berbagai pesantren. Fakhira Amaila Putri dari Pesantren Tahfidz Quran Cahaya Hikmah perum BTP Tambun Selatan, mengatakan bahwa ia mengikuti lomba ini telah mempersiapkan berbagai hal sejak Senin (24/6/2024) , seperti alat alat yang perlu disiapkan, melakukan bimbingan dengan guru, dan melakukan latihan mandiri.

Fakhira menambahkan, harapan dia untuk mengikuti lomba ini ialah untuk mendapatkan kejuaraan, serta tujuannya untuk mencari pengalaman dan pembelajaran.

“Kalau aku mempersiapkannya banyak-⁴ banyak latihan, persiapin alat alatnya mungkin juga bimbingan sama gurunya. Kalau gak salah ini mempersiapkannya dari minggu lalu hari Senin, jadi bulan lalu lah. Harapannya sih semoga bisa juara sih, aku mengikuti lomba ini buat pengalaman dan pembelajaran, jadi gak di koreksi sama guru langsung, langsung dikoreksi sama yang lebih ngertinya,” ujarnya.

Muhammad Zaki Mubarok dari Kecamatan Cabangbungin perwakilan DKM Masjid Al Falah Bekasi Permai, mengatakan bahwa ia mengikuti lomba ini telah mempersiapkan berbagai hal sejak Senin (1/7/2024). Persiapannya seperti alat alat, spidol warna, dan latihan mandiri sebelum mengikuti lomba ini. (Novia Riffa Afifah/ SMK Bina Husada Mandiri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *